Perut buncit merupakan masalah yang seringkali dialami oleh kebanyakan orang yang disebabkan oleh gumpalan lemak yang menumpuk di dalam perut. Hal ini biasanya disebabkan oleh pola hidup yang kurang baik. 

Selain itu, perut buncit juga dapat membuat penampilan seseorang menjadi terlihat kurang ideal dan juga menimbulkan resiko terhadap kesehatan tubuh. Maka dari itu, kamu juga harus tahu apa saja penyebab perut buncit dan cara yang aman untuk mengecilkan perut buncit. 

Penyebab Perut Buncit  

Perut buncit seringkali menjadi masalah bagi banyak orang, dan berbagai faktor dapat menjadi penyebabnya. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab perut buncit. 

1. Kelebihan Lemak Tubuh

Lemak yang ada di dalam tubuh menjadi salah satu penyebab utama dari perut buncit. Lemak yang menumpuk membuat perut menjadi terlihat membesar. Hal ini biasanya disebabkan oleh sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan kurangnya aktivitas fisik. 

2. Pola Makan yang Buruk

Pola makan yang buruk, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula, dapat menyebabkan penumpukan lemak di area perut.

Selain itu, terlalu banyak sering ngemil setiap waktu dan waktu makan yang tidak teratur, seperti makan di malam hari juga bisa membuat perut menjadi buncit. 

3. Kurang Olahraga

Kurangnya aktivitas fisik atau olahraga juga merupakan salah satu faktor utama yang menjadi penyebab perut buncit. Aktivitas fisik tidak hanya dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tapi juga dapat membantu membakar kalori dan memperkuat otot perut yang dapat meminimalisir perut buncit.  

4. Stres

Perasaan stres yang terlalu tinggi dapat memengaruhi tubuh secara fisik dan mental. Bahkan biasanya beberapa orang cenderung merespon stres ini dengan mengonsumsi makanan yang berlebih dan memilih makanan yang tidak sehat.  

Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada peningkatan berat badan dan perut buncit. Oleh karena itu, manajemen stres seperti melalui teknik relaksasi, meditasi, atau aktivitas menyenangkan lainnya seperti permainan olahraga sangat dianjurkan untuk dilakukan untuk mengurangi dampak negatifnya pada tubuh. 

5. Faktor Perubahan Hormon

Pada wanita, perubahan hormon yang terjadi pada tubuh yang terjadi akibat menopause, sangat berpengaruh terhadap distribusi lemak di tubuh. Hormon estrogen yang dimiliki oleh wanita, berperan penting untuk mengatur penumpukan lemak sehingga perubahan hormon yang terjadi dapat menyebabkan lemak cenderung menumpuk di area perut. 

Cara Aman Mengecilkan Perut Buncit 

Jika saat ini kamu sedang mengalami perut buncit dan merasa tidak percaya diri dengan penampilanmu, kamu bisa melakukan cara berikut ini untuk mengatasi perut buncit.

1. Mengurangi Asupan Gula

Apabila kamu menyukai makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula, maka mulailah untuk menguranginya. Asupan gula yang terlalu tinggi menjadi salah satu penyebab terbesar terbentuknya perut buncit, bahkan juga dapat membuat berat badan menjadi bertambah. 

2. Mengurangi Makanan Berlemak dan Tinggi Karbohidrat

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat, merupakan penyebab utama dari terbentuknya perut buncit. Makanan berlemak ini biasanya datang dari makanan yang mengandung banyak minyak, makanan olahan, dan makanan junk food. Maka dari itu, mulailah untuk mengatur asupan dan pola makan yang sehat dengan tidak terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak. 

Kamu bisa mengonsumsi jenis makanan yang rendah lemak dan kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan susu yang mengandung rendah lemak.  

3. Mengonsumsi Makanan yang Berserat

Berdasarkan penelitian, makanan yang mengandung banyak serat diketahui dapat dicerna lebih lama. Dengan demikian, perut menjadi cepat kenyang dan bertahan lebih lama yang membuat kamu tidak makan dengan porsi yang lebih banyak.  

makanan berserat untuk pencernaan

Dengan efek seperti ini tentunya asupan lemak dan kalori dalam tubuh menjadi berkurang dan perut buncit dapat dihindari. Kamu bisa menemukan kandungan serat yang tinggi pada buah-buahan dan sayuran seperti pisang, apel, jambu, kentang, bayam, dan wortel. 

4. Intermittent Fasting 

Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan melakukan intermittent fasting atau puasa intermiten. Cara melakukan puasa ini adalah dengan metode 16:8, yaitu berpuasa selama 16 jam dan periode makan selama 8 jam dalam sehari. 

Kamu bisa melakukan puasa ini sebagai cara untuk mengecilkan perut buncit, sebab beberapa studi telah membuktikan bahwa dengan berpuasa selama 10-16 jam dapat membuat tubuh mengubah seluruh lemak cadangan untuk menjadi energi. 

4. Rutin Berolahraga

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk mengecilkan perut buncit selain melakukan hal-hal yang ada di atas adalah dengan rutin berolahraga. Kamu bisa melakukan berbagai gerakan olahraga yang dapat dilakukan di dalam atau luar ruangan.

cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga

  

Apalagi, saat ini ada sekali berbagai banyak pilihan olahraga yang dapat kamu lakukan, mulai dari olahraga kardio hingga olahraga angkat beban. Olahraga kardio sendiri merupakan cara yang ampuh untuk menghilangkan lemak perut. 

Sedangkan olahraga angkat beban diketahui dapat mengurangi lemak dan mengubahnya menjadi massa otot serta meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh. Selain itu, berolahraga juga sangat bermanfaat sebagai sarana untuk mengelola stres karena dapat melepaskan hormon endorfin. 

Saat melakukan olahraga, baik olahraga kardio maupun olahraga angkat beban juga diperlukan dukungan berupa outfit olahraga khusus yang nyaman sehingga dapat bergerak secara maksimal dan tujuanmu untuk mengecilkan perut buncit dapat tercapai. 

Salah satu outfit yang sangat direkomendasikan untuk kamu kenakan saat berolahraga adalah  adalah JUARAGA Jersey Casual JR Grind yang tersedia untuk pria dan wanita.  

Dengan menggunakan material kain hexagonal yang berkualitas, jersey ini sangat nyaman dan fleksibel untuk dikenakan saat berolahraga, serta dapat menyerap keringat dengan cepat.  

Kamu juga bisa memadukannya dengan mengunakan bawahan JUARAGA Celana Pendek JR Rush untuk pria.

Sedangkan untuk wanita, kamu bisa kenakan JUARAGA Celana Legging Wanita JR Trail yang membuat setiap gerakan olahragamu menjadi lebih leluasa. 

Tunggu apalagi, segera koleksI outfit-nya sekarang juga hanya di www.juaraga.id!