Bagi para pelari baik profesional maupun pemula, latihan untuk meningkatkan kemampuan berlari adalah hal yang sangat penting. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan berlari, salah satunya adalah lari interval.  

Apa Itu Lari Interval? 

Lari Interval adalah metode latihan lari yang menggabungkan intensitas tinggi dengan berlari cepat dan berlari lambat dengan periode pemulihan dalam satu sesi. 

Metode ini akan membantu seseorang mencapai titik detak jantung tertinggi saat melakukan sprint berkecepatan maksimal, lalu membiarkannya turun secara perlahan saat periode pemulihan. 

Cara Melakukan Lari Interval 

Untuk melakukan lari interval sangatlah mudah. Berikut ini cara melakukan interval lari yang bisa kamu lakukan. 

1. Sebelum memulai lari interval, pemanasan terlebih dahulu dengan jogging ringan selama 5 menit.

2. Lakukan lari sprint dengan kecepatan maksimal selama 30 detik, lalu kembali jogging selama 30 detik.

3. Ulangi pola latihan ini sebanyak 3 kali.

4. Setelah selesai, tutup latihan dengan jogging sebagai pendinginan selama 2 menit.

Tips Supaya Latihan Lari Interval Optimal 

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya latihan lari interval kamu menjadi lebih optimal. 

1. Konsumsi asupan bernutrisi

Persiapkan tubuh kamu sebelum melakukan latihan lari interval dengan asupan yang bernutrisi. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan protein agar tubuh menjadi lebih berenergi dan meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh selama menjalani latihan. 

2. Pemanasan

Jangan sampai kamu melupakan sesi pemanasan. Sebab, hal ini sangat penting agar otot-otot tubu menjadi lebih siap untuk melakukan latihan lari interval dan yang paling penting agar terhindar dari resiko cedera otot serius. Klik disini untuk ketahui langkah pemanasan yang benar. 

3. Pendinginan

Selain pemanasan, lakukan juga pendinginan setelah kamu melakukan latihan lari interval. Hal ini sangat bermanfaat untuk merelaksasi otot-otot yang tegang, menormalkan detak jantung, dan mengontrol pernafasan akibat dari latihan intensitas yang tinggi dari lari interval lari. Klik disini untuk mengetahui cara pendinginan yang tepat setelah berolahraga. 

4. Istirahat yang cukup

Setelah melakukan rangkaian latihan lari interval yang cukup melelahkan, pastikan tubuh kamu mendapatkan porsi istirahat yang cukup. Hal ini juga akan berpengaruh pada hasil latihan interval lari yang kamu jalani. 

Manfaat Lari Interval 

Dikutip dari Healthline, berikut ini beberapa manfaat lari interval yang bisa kamu dapatkan. 

1. Meningkatkan kemampuan tubuh memanfaatkan oksigen

2. Menurunkan tekanan darah

3. Meminimalisir resiko penyakit kardiovaskular

4. Membakar kalori sebanyak 150-400 kalori

5. Meningkatkan kekuatan otot tubuh, terutama otot tubuh bagian bawah

Optimalkan Lari Interval-mu dengan Menggunakan Outfit dari JUARAGA 

JUARAGA sebagai active lifestyle brand telah menyediakan beragam kebutuhan outfit khusus lari yang dapat memaksimalkan aktivitas lari kamu.  

Salah satu outfit yang sangat direkomendasikan ialah JUARAGA Jersey Sport Pria JR Endurance. Jersey ini terbuat dari material 100% Polyester dengan desain yang stylish yang membuat kamu nyaman dan tampil lebih bergaya saat berlari. 

Kamu bisa mengombinasikannya dengan menggunakan JUARAGA Celana Pendek Sport Pria JR Force yang terbuat dari material Nylon Taslan Crinkle Fabric, yang mampu memberikan kenyamanan maksimal saat berlari. 

Selain outfit pria, tersedia juga outfit wanita yang direkomendasikan untuk kamu kenakan yaitu JUARAGA Jersey Sport Wanita JR Running. Jersey ini terbuat dari perpaduan kain Interlock sebagai bahan utama dan kain Mesh ringan yang sejuk dan nyaman dikenakan saat kamu berlari. 

Untuk bagian bawahannya, kamu bisa mengombinasikannya dengan menggunakan JUARAGA Celana Legging Wanita JR Swift. Legging ini terbuat dari material Stretch yang dapat mengikuti bentuk tubuh dan kaki, sehingga sangat nyaman dan elastis ketika dikenakan saat berlari. 

So, tunggu apalagi segera koleksi outfit-nya sekarang juga hanya di www.juaraga.id!