Perjalanan panjang dan serasi Avan Seputra bersama Satria Muda Pertamina Jakarta kembali menciptakan kisah menarik. Setelah sempat membuat para fans basket Indonesia bertanya-tanya, absennya Avan dari roster SM musim ini akhirnya terjawab. 

Meski tidak terdaftar dalam roster IBL Tokopedia 2024, Avan tetap setia bersama tim. Namun di musim ini ia memutuskan beristirahat sejenak, dan kemudian berangkat ke Amerika Serikat untuk mempertajam skill basketnya. 

Avan telah menjadi bagian integral dari Satria Muda. SM dapat dianggap sebagai tempat tumbuh Avan, baik dalam permainan maupun kedewasaan di lapangan. Pengalaman Avan sebagai kapten tim dan raihan empat gelar juara di kasta tertinggi liga bola basket Indonesia menjadi bukti nyata kontribusinya. 

Saat kontraknya berakhir pada bulan November 2023 lalu, Avan mencapai kesepakatan perpanjangan kontrak dengan manajemen Satria Muda Pertamina, yang mencakup permintaan Avan untuk mengembangkan diri, baik dalam bidang basket maupun persiapan untuk kehidupan setelah pensiun dari dunia basket. 

"Saya senang karena akhirnya pembicaraan soal perpanjangan kontrak saya dan manajemen berjalan lancar. Tapi memang ada hal-hal khusus yang saya ajukan ke tim, salah satunya adalah keinginan saya untuk mengembangkan diri baik di basket maupun persiapan untuk kehidupan setelah basket nanti. Nah, untuk itu saya akan berangkat ke Amerika Serikat dan tidak akan bermain dengan Satria Muda musim ini," kata Avan. 

Avan juga tidak menampik bahwa dirinya juga banyak ditawari kontrak oleh klub-klub lainnya. Akan tetapi, hatinya tetap setia pada Satria Muda Pertamina meski harus berat menerima kenyataan bahwa ia tidak bisa memperkuat tim di musim ini. 

"Memang ada beberapa tim yang melakukan penawaran ke saya agar pindah, tapi tidak bisa dibohongi hati saya ternyata masih untuk Satria Muda. Itu juga kenapa saya masih ingin mengasah kemampuan basket saya di Amerika, agar saat kembali nanti masih bisa terus membantu tim ini meraih berbagai gelar juara," ungkapnya. 

Dukungan manajemen Satria Muda yang diwakili oleh Cristian Ronaldo Sitepu menjadi pilar penting dalam keputusan Avan. Mereka melihat keinginan kuat Avan untuk berkembang, serta mengakui kontribusinya sebagai salah satu pemain terlama dalam sejarah tim dimana ia telah bergabung sejak tahun 2012. 

"Tentu saja kami mendukung langkah Avan berangkat ke Amerika sebagai upaya dia untuk lebih berkembang baik secara kemampuan basket maupun pendidikan. Karena dari dulu manajemen Satria Muda itu selalu terbuka dan dinamis untuk berbagai negosiasi yang menyangkut basket dan akademik," pungkas salah satu sosok legendaris Satria Muda. 

Ikuti terus informasi terbaru dan terlengkap seputar Satria Muda Pertamina yang bisa kamu peroleh melalui www.satriamuda.id.

Dukung terus petualangan Satria Muda Pertamina di IBL 2024 ini dengan mengoleksi beragam merchandise resmi terbarunya yang hanya tersedia di www.juaraga.id, Shopee Juaraga Official Store, Tokopedia Juaraga Official Store, dan Lazada Juaraga Official Store!