Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita dan sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin supaya kesehatan tubuh tetap terjaga. Untuk melakukannya pun sangat mudah dan tak perlu bingung, karena ada banyak pilihan olahraga yang bisa kita lakukan.

Akan tetapi, banyak orang yang bingung kapan waktu terbaik untuk olahraga. Meskipun sampai saat ini, masih banyak orang yang beranggapan kalau olahraga sangat baik dilakukan ketika di pagi hari, dimana kondisi tubuh sangat prima dan sangat berenergi setelah beristirahat semalaman. Lalu sebetulnya kapan waktu terbaik untuk berolahraga?

1. Olahraga di Pagi Hari

Banyak orang yang memilih pagi hari sebagai waktu terbaik untuk olahraga karena kondisi tubuh masih berenergi dan udara yang masih segar. Alasan lainnya mengapa orang menyukai olahraga di pagi hari adalah sinar matahari paginya yang memiliki segudang manfaat.

olahraga di pagi hari dan manfaatnya

Waktu terbaik untuk olahraga pagi adalah dimulai pada jam 7 pagi dengan kondisi perut masih belum terisi.

Dilansir dari onlymyhealth.com, terdapat beberapa manfaat olahraga di pagi hari yang bisa kamu dapatkan diantaranya:

  • meningkatkan kewaspadaan
  • membuat mood yang lebih baik
  • mengontrol gula dalam darah
  • meningkatkan aktivitas fisik secara keseluruhan.

Dampak lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah dapat memperbaiki kualitas tidur kamu, karena ketika berolahraga di pagi hari, tubuh kamu akan mengirimkan “sinyal” untuk segera tidur di awal malam dan setelah itu secara otomatis kamu akan bangun lebih awal di pagi hari.

Selain itu, olahraga di pagi hari juga akan membuat kamu cenderung memilih makanan yang sehat.

2. Olahraga di Sore Hari

Sore hari merupakan salah satu waktu yang bisa kamu pilih untuk berolahraga. Di waktu ini, suhu juga lebih bersahabat untuk melakukan olahraga. Dikutip dari iowastatedaily.com, manfaat olahraga di sore hari adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu serta tubuh kamu lebih lebih siap untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang lebih tinggi.

manfaat olahraga di sore hari

Hal ini dikarenakan tubuh kamu sudah lebih berenergi dan terhidrasi berkat asupan yang kamu konsumsi selama seharian. Efek positif lainnya yang bisa didapatkan dari berolahraga sore adalah otak memproduksi hormon endorfin yang dapat melepas stress.

3. Olahraga di Malam Hari

Ternyata malam hari juga bisa menjadi waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk berolahraga. Apalagi jika kamu memiliki kesibukan yang padat mulai dari pagi hingga sore hari, tentu olahraga di malam hari menjadi sebuah pilihan. Waktu yang tepat untuk olahraga malam adalah sekitar pukul 6 sore hingga 8 malam.

manfaat olahraga di malam hari

Banyak juga manfaat yang bisa kamu manfaatkan ketika berolahraga di malam hari. Seperti yang dikutip dari Journal of Sports Science & Medicine, malam hari merupakan waktu yang tepat untuk olahraga pembentukan otot, karena puncak performa otot terjadi di waktu sore dan menjelang malam hari.

Manfaat olahraga di malam hari juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu. Olahraga beberapa jam sebelum tidur dapat meredam stress dan membuat otot kamu rileks, sehingga kamu bisa nyenyak tidur dan bangun di pagi hari dalam kondisi tubuh yang bugar.

Dari penjelasan di atas, kini kamu tidak perlu bingung lagi ya untuk menentukan waktu berolahraga. Baik pagi, siang, atau malam, semuanya memiliki manfaat masing-masing yang akan berdampak positif terhadap kesehatan tubuh kamu.

Hal yang paling penting adalah kamu tetap memperhatikan kondisi tubuh kamu, jangan sampai kamu memaksakan kondisi tubuh yang tidak fit untuk tetap berolahraga.