Bulan Ramadan seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi kebanyakan orang untuk melakukan olahraga. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa tubuh tidak menerima asupan apapun, baik makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam sehingga berdampak pada penurunan energi. 

Meskipun begitu, sebetulnya puasa bukanlah menjadi penghalang yang berat bagi kita untuk melakukan olahraga. Justru, dengan mengkombinasikan puasa dan olahraga akan membuat tubuh kita semakin sehat dan bugar.  

Namun dengan catatan, olahraga yang dilakukan saat berpuasa tidaklah sama dengan olahraga yang dilakukan ketika sedang tidak berpuasa. Nah, berikut ini jenis dan waktu olahraga yang tepat untuk dilakukan saat puasa. 

Jenis Olahraga Saat Puasa 

Ketika berpuasa, tubuh tidak memiliki banyak energi akibat tidak adanya asupan. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan olahraga ringan yang cocok untuk dilakukan saat puasa.  

1. Jalan kaki 

Jalan kaki saat berpuasa bisa menjadi cara olahraga yang tepat di saat bulan Ramadan. Aktivitas yang ringan ini sangat cocok untuk kamu lakukan saat berpuasa karena tidak akan menghabiskan banyak energi atau membuat kamu menjadi dehidrasi.  

olahraga yang cocok saat puasa

Kamu bisa berjalan kaki dengan menempuh jarak yang pendek supaya tidak lelah. Meskipun ringan, jalan kaki memiliki banyak manfaat diantaranya adalah menjaga kesehatan kardiovaskular, menjaga kesehatan sendi, dan menjaga berat badan. 

2. Bersepeda

Jika kamu memiliki sepeda di rumah, maka bersepeda juga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk berolahraga saat berpuasa. Kamu dapat bersepeda dengan menempuh jarak yang lebih pendek supaya tidak lelah. 

Seperti yang diketahui, bersepeda memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh, diantaranya adalah dapat menyehatkan jantung, memperbaiki suasana hati, dan menguatkan otot tubuh.  

3. Angkat beban

Angkat beban bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin tetap berolahraga di saat puasa. Pasalnya, angkat beban dapat dilakukan di manapun termasuk di rumah dengan menggunakan barbel atau dumbell. Selain itu, kamu juga dapat memilih atau mengatur berat yang kamu inginkan.  

kapan waktu olahraga saat puasa

Dengan melakukan angkat beban, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat kesehatan diantaranya adalah meningkatkan kepadatan tulang dan otot, memperbaiki postur tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. 

4. Yoga

Yoga adalah gerakan olahraga ringan yang dapat kamu lakukan di rumah dan tidak memerlukan banyak tenaga. Pada gerakan ini, kamu akan hanya berfokus pada peregangan otot dan pengaturan pernapasan yang membuat pikiranmu lebih rileks. 

Manfaat yang dapat kamu peroleh dari gerakan ini adalah dapat memperbaiki postur tubuh, merelaksasi pikiran serta otot yang tegang, dan meningkatkan kualitas tidur. 

Waktu Terbaik untuk Olahraga Saat Puasa 

Di saat berpuasa, sebetulnya kapan waktu olahraga yang tepat saat puasa? Nah, ini dia beberapa waktu terbaik untuk olahraga saat puasa.

1. Sebelum sahur

Waktu sebelum sahur bisa menjadi waktu pilihan bagi kamu untuk berolahraga. Kamu bisa melakukannya 30 menit sebelum aktivitas sahur dimulai, agar setelah olahraga tubuh kamu tetap mendapatkan asupan nutrisi dan cairan yang cukup.  

Selain itu, olahraga sebelum sahur juga bisa mengganti aktivitas olahragamu di pagi hari sehingga membuat tubuhmu lebih segar dan bugar untuk menjalani aktivitas seharian. 

2. Sebelum buka puasa

Kebanyakan orang biasanya akan melakukan aktivitas-aktivitas tertentu saat jelang waktu berbuka puasa atau biasa disebut sebagai “ngabuburit”. Nah, daripada kamu bingung memilih aktivitas apa yang harus dilakukan saat “ngabuburit”, kamu bisa mengisinya dengan berolahraga. 

Jalan kaki, angkat beban ringan, dan bersepeda santai bisa jadi opsi terbaik kamu untuk berolahraga sebelum berbuka puasa. Dengan melakukan olahraga di waktu ini, juga akan membantu tubuhmu lebih bugar. 

3. Setelah buka puasa

Olahraga setelah buka puasa bisa menjadi opsi terbaik, karena tubuh juga lebih bertenaga setelah menerima asupan saat berbuka. Namun perlu diperhatikan, berilah jeda supaya tubuhmu bisa mencerna makanan yang telah dikonsumsi.  

Kamu juga bisa melakukannya setelah melaksanakan shalat tarawih dimana pada waktu tersebut, tubuh kamu telah mencerna asupan dengan baik dan ketika setelah berolahraga kamu bisa tidur dengan nyenyak. 

Manfaat Olahraga Saat Puasa 

Olahraga saat puasa tentunya memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat olahraga saat puasa dikutip dari LifeMD. 

1. Membakar lebih banyak lemak

Puasa dan berolahraga dapat membakarl lebih banyak lemak dan menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan saat berpuasa tubuh tidak memiliki asupan yang cukup, sehingga saat berpuasa sambil berolahraga membuat tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi.

2. Dapat memicu autofagi

Saat kamu berolahraga saat puasa dapat memicu autofagi, yaitu proses pembersihan alami tubuh dengan memecah sel-sel yang rusak dan menggantinya dengan sel tubuh yang lebih sehat. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara puasa dan olahraga yang teratur terhadap proses autofagi. 

3. Meningkatkan produksi hormon pertumbuhan

Berolahraga saat berpuasa ternyata juga dapat membantu untuk meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Dari hormon ini, akan membantu tubuh kamu untuk membangun massa otot dan membakar lemak. 

Nah, itu dia beberapa penjelasan tentang jenis dan waktu olahraga saat puasa beserta manfaatnya yang bisa kamu pahami dan aplikasikan. Supaya aktivitas olahragamu saat puasa tetap optimal, jangan lupa gunakan outfit khusus yang dapat mendukung setiap gerakanmu. 

Outfit khusus yang sangat direkomendasikan untuk kamu kenakan saat berolahraga adalah JUARAGA Jersey Sport Pria JR Endurance. Jersey ini terbuat dari material 100% polyester yang ringan dan nyaman saat dikenakan ketika berolahraga. 

Kamu bisa mengombinasikannya dengan menggunakan JUARAGA Celana Pendek Sport Pria JR Ultimate Hitam yang terbuat dari bahan utama WR Crinkle ringan dan dipadukan dengan bahan mesh yang membuat desain celana semakin sporty. 

Selain outfit pria, tersedia juga outfit wanita yang direkomendasikan untuk kamu kenakan yaitu JUARAGA Jersey Sport Wanita JR Valor. Jersey ini terbuat dari perpaduan kain Interlock sebagai bahan utama dan kain Mesh ringan yang sejuk dan nyaman dikenakan saat kamu berolahraga. 

Untuk bagian bawahannya, kamu bisa mengombinasikannya dengan menggunakan JUARAGA Celana Pendek Sport Wanita JR Bloom. Celana pendek ini terbuat dari material WR Crinkle yang sangat sejuk dan ringan, sehingga membuatmu nyaman saat berolahraga. 

So, tunggu apalagi segera koleksi outfit-nya sekarang juga hanya di www.juaraga.id!