Tak Perlu Khawatir, Ini 6 Cara Menghilangkan Stress!

cara menghilangkan stress

Cara menghilangkan stress merupakan hal yang harus diketahui bagi setiap orang. Stress seringkali muncul disebabkan oleh berbagai permasalahan yang sedang melanda. Bahkan, apabila stress yang dialami berlebihan bisa mengganggu kehidupan kamu. 

Dampak yang bisa kamu alami ketika stress berlebihan, kamu bisa merasakan emosi yang tidak stabil, sulit berpikir jernih, nafsu makan menurun, pikiran yang berlebihan, sakit kepala hingga sulit tidur.  

Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stress, yaitu dengan mengalihkan pikiran kamu dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat membangun mood kamu serta membuat fisik kamu lebih bugar.

Cara Mudah untuk Menghilangkan Stress

Lantas, bagaimana cara supaya tidak stress? Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan.

1. Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara menenangkan pikiran agar kamu tidak stress dan tubuh juga menjadi lebih rileks. Kamu hanya perlu untuk mencari ruangan yang kosong dengan udara yang sejuk atau di luar ruangan dengan kondisi yang sunyi dan tenang.  

meditasi untuk menghilangkan stress

Selanjutnya kamu cukup duduk dengan tenang, memejamkan mata, dan mengatur nafas secara perlahan. Supaya optimal, kamu dapat melakukan meditasi selama 10-20 menit tanpa adanya gangguan atau aktivitas selain meditasi. 

2. Mengonsumsi Makanan Penghilang Stress

Makanan juga bisa menjadi salah satu cara yang dapat menghilangkan stress kamu. Ada beberapa makanan penghilang stress yang sangat direkomendasikan untuk kamu, seperti dark chocolate, kacang-kacangan, dan alpukat 

Makan cokelat penghilang stress dan depresi

Selain makanan, ada juga minuman yang dapat menghilangkan stress kamu seperti teh hijau, susu, dan kopi. Makanan dan minuman tersebut memiliki kandungan yang dapat menenangkan perasaan dan menghilangkan rasa stress. 

3. Mengobrol dengan Orang Terdekat

Mengobrol dengan orang terdekat merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stress. Kamu bisa mengajak ngobrol orang terdekat kamu seperti anggota keluarga, saudara, atau sahabat untuk mencurahkan isi hati kamu. 

menghilangkan stress dengan mengobrol

Dengan cara ini, kamu bisa merasa lebih tenang dan bisa mendapatkan dukungan, saran, dan motivasi dari orang terdekat untuk menghadapi masalah yang membuat kamu menjadi stress. 

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik favorit merupakan salah satu solusi yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stress yang sedang melanda. Genre musik yang dapat kamu jadikan sebagai “obat” pereda stress adalah musik klasik dan musik dengan nuansa alam. 

Mendengarkan musik dapat menghilangkan stress

5. Mengatur Kembali Waktu Tidur

Stress dapat menyebabkan kamu insomnia sehingga kualitas dan kuantitas tidur kamu menjadi kacau dan membuat tubuh kamu menjadi tidak bugar. Maka dari itu, apabila kamu sudah merasa lebih tenang kala menghadapi stress alangkah baiknya kamu mengatur kembali waktu tidur kamu. 

Pastikan waktu tidur kamu cukup saat malam hari, yaitu selama kurang lebih 8 jam. Selanjutnya kamu atur juga suasana dan posisi tidur yang nyaman supaya kamu bisa tidur lebih nyenyak seperti mematikan lampu, menggunakan baju tidur yang sejuk, dan tidak mengonsumsi makanan berat menjelang tidur.  

6. Olahraga

Menggerakkan badan dengan berolahraga diketahui dapat membantu menghilangkan hormon stress dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini dikarenakan ketika berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat memberikan energi positif pada tubuh dan dapat mengontrol stress menjadi lebih baik lagi. 

Olahraga yang dapat kamu lakukan pun tidaklah rumit, kamu bisa memulainya dengan berjalan kaki, jogging, atau bersepeda. Olahraga tersebut juga disarankan untuk kamu lakukan di pagi hari atau sore hari dengan cuaca yang cerah sehingga dapat memperbaiki mood kamu yang rusak akibat rasa stress yang melanda. 

jersey olahraga pria dari JUARAGA

Untuk perlengkapan olahraga kamu bisa menggunakan salah satu outfit dari JUARAGA yaitu Basic JR Signature Jersey & Basic Women JR Signature.

jersey olahraga wanita dari JUARAGA

Selain untuk berolahraga, outfit ini juga sangat cocok kamu gunakan untuk beraktivitas sehari-hari, terutama bagi kamu yang senang menjalankan gaya hidup aktif 

Terbuat dari bahan berkualitas yang lembut dan ringan, jersey ini memberikan kenyamanan dan kesejukan saat kamu gunakan baik untuk beraktivitas maupun pada saat berolahraga.  

Agar terlihat lebih matching, kamu bisa memadukannya dengan menggunakan Basic JR Rush Short Pants & Basic JR Infinite Short Pants untuk pria serta Basic Women JR Casual Short Pants untuk wanita. So, tunggu apalagi segera koleksi outfit-nya sekarang juga! 

Back to blog