Saat ini kebanyakan orang sangat sulit menyempatkan diri untuk berolahraga yang disebabkan oleh aktivitas yang sangat padat. Apalagi di zaman yang serba mudah dan praktis ini, hampir setiap kebutuhan aktivitas dapat diperoleh dengan mudah dengan menggunakan smartphone dan kendaraan sehingga hal ini membuat aktivitas yang melibatkan fisik semakin minim. 

Hal ini tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan, karena tubuh kita butuh untuk bergerak lebih aktif supaya otot lebih terlatih dan membuat peredaran darah menjadi lancar. Bila kamu juga mengalami kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga, kamu tak perlu khawatir lagi karena saat ini kamu dapat menerapkan gaya hidup aktif .  

Apa Itu Gaya Hidup Aktif?

Gaya hidup aktif merupakan pola hidup aktif yang melibatkan banyak gerakan fisik dalam beraktivitas, sehingga bermanfaat untuk membakar kalori tubuh.

Dengan gaya hidup aktif, kamu tetap bisa menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan banyak aktivitas harian yang membuat seluruh anggota tubuhmu aktif bergerak.

Manfaat yang bisa kamu peroleh dari gaya hidup aktif diantaranya adalah untuk menjaga berat badan yang ideal dan terhindar dari penyakit kronis seperti stroke dan darah tinggi. 

Bagaimana cara untuk menjalankan gaya hidup aktif? 

Untuk menjalankan gaya hidup aktif, kamu hanya perlu melakukan aktivitas sederhana yang biasa kamu lakukan sehari-hari. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan gaya hidup aktif: 

1. Pemanasan atau Stretching 

Pemanasan atau stretching tidak melulu dilakukan ketika hanya akan berolahraga. Kamu juga bisa melakukan pemanasan tubuh di pagi hari sebelum memulai aktivitas harian kamu. Gerakan pemanasan yang dapat kamu lakukan adalah seperti peregangan pada leher, tangan, pinggang, dan kaki yang mana bagian tubuh tersebut selalu bergerak ketika beraktivitas. 

gaya hidup aktif

Dengan pemanasan, manfaat yang bisa kamu peroleh adalah dapat mengurangi rasa kaku dan pegal di tubuh kamu serta membuat otot-otot tubuh kamu menjadi lebih siap untuk melakukan berbagai aktivitas. 

 2. Jalan Kaki  

Jalan kaki merupakan salah satu opsi aktivitas gaya hidup aktif yang bisa kamu pilih karena aktivitas ini sangatlah sederhana dan pasti dilakukan oleh setiap orang. Kamu bisa berjalan kaki secara rutin ketika sedang menjalani rutinitas sehari-hari seperti ketika berbelanja ke pasar, pergi ke kantor, pergi ke sekolah dan lainnya.  

Jalan kaki untuk menjalankan gaya hidup aktif

Agar aktivitas yang satu ini lebih optimal, kamu bisa mencobanya dengan jalan cepat hingga kamu merasakan irama nafas yang lebih cepat. Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari berjalan kaki seperti menjaga kesehatan kardiovaskular, membakar kalori tubuh, dan mengontrol tekanan darah. 

3. Membersihkan Rumah dan Halaman 

Aktivitas membersihkan rumah dan halaman merupakan salah satu aktivitas gaya hidup aktif yang sederhana namun sangat bermanfaat untuk kamu. Kamu bisa memulai aktivitas yang satu ini dengan menyapu, mengepel lantai, mengelap meja, membersihkan kamar mandi, mencuci kendaraan, dan lainnya. 

Membersihkan rumah dan halaman rumah

Selain dapat membuat rumahmu menjadi lebih rapi dan bersih, dengan membersihkan halaman rumah juga membuat tubuhmu menjadi aktif bergerak sehingga dapat membakar kalori. 

Bahkan dengan aktivitas yang satu ini juga dapat memberikan efek psikologis membuat mood kamu menjadi bagus karena setelah membersihkan rumah pasti kamu akan merasakan kepuasan tersendiri dan membuat kondisi rumah yang menjadi lebih nyaman. 

4. Mencuci Kendaraan 

Selain membereskan rumah dan halaman, salah satu aktivitas gaya hidup aktif yang bisa kamu lakukan di rumah adalah mencuci kendaraan. Dengan aktivitas yang satu ini, selain tubuhmu menjadi aktif bergerak juga melatih diri kamu menjadi lebih detail dengan membersihkan bagian kendaraan hingga sela terkecil sehingga kendaraan kamu menjadi lebih bersih dan terawat.  

Mencuci kendaraan

Manfaat psikologis yang dapat kamu rasakan pun juga sama halnya seperti ketika membersihkan rumah, yakni dapat membuat mood kamu menjadi lebih bagus karena kendaraan kamu yang terlihat lebih bersih. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan gaya hidup aktif supaya tubuhmu tetap sehat. Jangan lupa, untuk menerapkan gaya hidup aktif perlu diperhatikan juga kebiasaan sehat lainnya yang harus kamu lakukan seperti beristirahat dengan waktu yang cukup, menjaga asupan makanan yang sehat, dan selalu memastikan tubuhmu tetap terhidrasi dengan selalu rutin minum air putih.