Ketika orang-orang membicarakan tentang kesehatan dan kebugaran tubuh pasti tidak lepas dengan istilah gym dan fitness yang seringkali dianggap memiliki makna yang sama. Padahal, meskipun keduanya lekat dengan aktivitas untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, namun keduanya memiliki perbedaan. 

Apa itu Gym? 

Gym yang merupakan akronim dari gymnasium merujuk pada fasilitas atau tempat khusus untuk orang-orang melakukan berbagai jenis latihan fisik.  

Gym biasanya dilengkapi dengan berbagai peralatan yang dapat menunjang aktivitas olahraga, seperti alat angkat beban, alat mesin untuk latihan kardiovaskular seperti treadmill dan sepeda statis, serta area khusus yang dapat digunakan untuk yoga atau aerobik.  

Gym sering menjadi pilihan bagi mereka yang ingin meningkatkan kekuatan fisik, membangun otot, atau melaksanakan program latihan tertentu. 

Apa itu Fitness?  

Fitness merupakan sebuah bentuk active lifestyle yang berfokus pada menjalankan pola hidup yang sehat dan teratur demi tercapainya kebugaran tubuh yang prima. Untuk mencapai kebugaran tersebut diperlukan kombinasi tiga faktor utama, yakni antara olahraga, asupan bernutrisi, dan istirahat yang cukup. 

Untuk melakukan aktivitas olahraga untuk meningkatkan kebugaran atau fitness, kamu juga tidak harus menggunakan alat-alat khusus dan cukup melakukan berbagai kreasi gerakan fisik yang bisa dilakukan dengan atau tanpa alat khusus. 

Perbedaan antara Gym dan Fitness 

Berikut ini perbedaan mendasar antara gym dan fitness yang harus kamu ketahui. 

1. Jenis Latihan

Apabila berbicara gym, sudah pasti kita merujuk pada tempat pusat kebugaran. Maka dari itu, gym merupakan aktivitas fisik dilakukan dengan menggunakan tujuan untuk membangun massa otot supaya bentuk tubuh menjadi lebih ideal dan proporsional.  

latihan gym

Sedangkan fitness merupakan aktivitas latihan yang dilakukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh, yang dilakukan dengan atau tanpa alat, misalnya seperti push up, sit up, jogging, lari sprint, dan lainnya. 

2. Tempat Latihan

Jika kamu ingin melakukan aktivitas gym, kamu bisa langsung datang ke tempat pusat kebugaran untuk melakukan latihan dengan berbagai menggunakan berbagai macam peralatan olahraga, mulai dari barbell, dumbell, dan alat lainnya.  

Sedangkan jika kamu ingin melakukan aktivitas fitness , kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja, seperti melakukan push up, sit up, squat jump, atau latihan angkat beban dengan alat yang kamu miliki di rumah. 

Jenis-jenis Latihan di Gym 

Di gym tersedia beberapa jenis latihan yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh kamu, diantaranya adalah: 

1. Latihan Beban

Latihan yang menjadi favorit kebanyakan orang-orang ketika mengunjungi tempat gym adalah latihan angkat beban. Dengan tersedianya berbagai macam alat angkat beban seperti dumbell, barbell, ketlebell, dan lainnya, latihan angkat beban juga menjadi lebih optimal dan lebih variatif. 

2. Latihan Kardio

Di tempat gym, juga terdapat beragam fasilitas yang dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh kamu melalui latihan kardiovaskulat. Alat latihan kardio yang biasanya tersedia di gym adalah treadmill dan sepeda statis. 

Kedua alat latihan kardio tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular dan sangat cocok untuk kamu yang ingin melakukan aktivitas lari atau bersepeda di dalam ruangan. 

3. Latihan Yoga

Hampir semua tempat gym saat ini telah menyediakan fasilitas untuk latihan yoga, seperti komunitas yoga, ruangan yoga, dan kelas khusus yang dibimbing oleh instruktur.

Latihan yoga ini sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan fleksibilitas tubuh sekaligus meditasi untuk merelaksasi mental dengan gerakan yoga. 

Kelebihan Gym 

Sebagai tempat khusus yang menyediakan beragam fasilitas peralatan untuk menunjang aktivitas olahraga, berikut ini beberapa manfaatnya yang bisa kamu peroleh dari latihan di gym. 

1. Tersedia Fasilitas yang Beragam

Di gym tersedia beragam fasilitas yang dapat menunjang latihan kamu, seperti peralatan-peralatan olahraga yang dapat kamu gunakan semua secara bergantian, sehingga kamu bisa menargetkan latihan untuk beberapa bagian tubuh yang ingin kamu tingkatkan kemampuan dan massa ototnya. 

Selain peralatan olahraga, di beberapa tempat gym juga menyediakan fasilitas yang dapat mendukung latihan kamu lainnya seperti arena senam dan olahraga kardio lainnya. 

2. Motivasi dari Lingkungan

Saat di tempat gym, ada banyak orang yang melakukan beragam latihan mulai dari angkat beban, treadmill, sepeda statis, dan lainnya. Dengan lingkungan yang diiisi oleh orang-orang yang sedang berlatih, tentu akan membuat kamu semakin semangat dan fokus untuk berlatih. 

3. Ada Pemandu Profesional

Biasanya di beberapa tempat gym menawarkan pemandu latihan yang profesional, sehingga latihan kamu menjadi lebih aman dari cedera serius dan optimal. 

Manfaat Gym 

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, diantaranya adalah: 

1. Meningkatkan Kekuatan dan Massa Otot

Latihan angkat beban di gym merupakan cara yang efektif untuk membangun dan meningkatkan kekuatan otot. Dengan bertambahknya kekuatan dan massa otot, bentuk tubuh menjadi lebih ideal dan tidak mudah cedera saat melakukan aktivitas olahraga. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Latihan angkat beban yang dilakukan di gym, merupakan salah satu olahraga kardio yang membantu menjaga kesehatan kardiovaskular, yakni melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi kadar kolesterol. 

3. Mengontrol Berat Badan

Latihan angkat beban yang dilakukan di tempat gym dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan juga dapat membantu mengontrol berat badan supaya tetap ideal. 

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Latihan fisik di gym akan membuat tubuh kamu mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini sangat bermanfaat untuk meredakan stress dan kecemasan yang berlebih, serta membuat mood kamu menjadi lebih baik. 

5. Meningkatkan Postur Tubuh

Latihan di gym sering melibatkan latihan yang bertujuan untuk memperbaiki postur dan fleksibilitas otot tubuh, yang penting untuk mengurangi risiko cedera dan meningkatkan performa fisik untuk aktivitas sehari-hari. 

Manfaat Fitness

Berikut ini beberapa manfaat fitness yang bisa kamu peroleh: 

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Melakukan latihan fitness secara rutin sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan olahraga secara teratur, tubuhmu akan lebih fit dan menguatkan sistem imun sehingga terhindar dari ancaman penyakit. 

manfaat fitness

2. Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan

Latihan fitness seperti berlari, berenang, atau bersepeda, secara efektif dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Dengan begitu, kamu jadi lebih energik dan tidak mudah lelah saat beraktivitas sehari-hari. 

3. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Aktivitas fisik yang dilakukan dalam latihan fitness sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, yakni meningkatkan sirkulasi darah dan menguatkan otot jantung, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes.  

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Aktivitas fisik yang teratur akan mempengaruhi kualitas tidur. Dengan latihan fitness, kamu akan lebih mudah tertidur, tidur lebih nyenyak, dan bangun dalam keadaa lebih segar sehingga kamu lebih siap melakukan aktivitas seharian. 

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Selain untuk melatih kebugaran fisik, latihan fitness juga bermanfaat untuk kebugaran mental. Kamu akan menjadi lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan banyak orang dan selalu siap untuk beraktivitas. 

Nah, demikian penjelasan perbedaan dari gym dan fitness. Meskipun begitu, baik gym maupun fitness sama-sama memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan. Kamu juga bisa memilih di antara keduanya untuk disesuaikan dengan kebutuhanmu.  

Optimalkan Latihanmu dengan Outfit JUARAGA 

Latihan gym atau fitness, tentunya kamu juga perlu didukung dengan outfit yang nyaman dan membuatmu leluasa untuk bergerak.

Salah satu outfit yang sangat direkomendasikan untuk kamu kenakan saat berolahraga adalah JUARAGA Jersey Sport Pria JR Physical untuk pria. Jersey ini terbuat dari material Fabric Interlock berkualitas yang halus, ringan, dan sejuk saat dikenakan di setiap gerakanmu. 

 

 

Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan menggunakan JUARAGA Celana Pendek Sport Pria JR Ultimate yang terbuat dari material WR Crinkle yang ringan dan sejuk dengan tampilan yang sporty. 

Sementara untuk outfit wanita kamu bisa mengenakan JUARAGA Jersey Sport Wanita JR Force yang terbuat dari material kain polyester yang halus dan sejuk serta disematkan dengan teknologi terkini sehingga dapat menyerap keringat dan kering dengan cepat. 

Untuk bagian bawahannya, kamu bisa menggunakan JUARAGA Celana Pendek Sport Wanita JR Force yang terbuat dari material WR Crinkle sehingga sangat ringan dan nyaman saat dikenakan ketika berolahraga. 

So, tunggu apalagi segera koleksi outfit-nya hanya di www.juaraga.id!