Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga di Pagi Hari

Manfaat minum kopi sebelum olahraga yang harus kamu ketahui

Saat ini kebiasaan minum kopi telah menjadi budaya bagi sebagian masyarakat di dunia. Kopi seringkali dijadikan hidangan dikala santai atau saat bercengkrama dengan keluarga atau teman untuk mencairkan suasana.

Selain itu, ada banyak sekali manfaat dari minum kopi untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Baker Heart & Diabetes Research Institute, bahwa dengan rutin mengonsumsi kopi 2-3 cangkir dalam sehari maka dapat menghindarkan tubuh dari penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan penyakit hati. 

Namun perlu kamu garis bawahi, kopi yang bermanfaat untuk kamu konsumsi adalah kopi hitam murni tanpa menggunakan tambahan seperti gula, susu, dan krimer.  

Dengan manfaat yang sangat penting tersebut, ternyata juga terdapat manfaat yang sangat baik apabila kamu minum kopi sebelum olahraga. Lalu apa saja manfaatnya? Simak pembahasannya berikut ini! 

1. Meningkatkan Konsentrasi 

Semua orang pasti tahu kalau kopi merupakan salah satu minuman alami yang dapat diandalkan untuk meningkatkan kinerja tubuh. Dengan kandungan kafeinnya, kopi memberikan efek stimulan yang mampu meningkatkan konsentrasi  sehingga lebih fokus dan bersemangat dalam melakukan suatu aktivitas. 

Maka dari itu, manfaat yang bisa diperoleh dari minum kopi sebelum berolahraga tentu akan membantu kamu untuk mengoptimalkan aktivitas olahraga sehingga hasil yang ingin kamu dapatkan, seperti menjaga kesehatan atau meningkatkan performa fisik dapat tercapai. 

2. Membantu Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lemak 

Bagi kamu yang ingin menjaga berat badan tubuh supaya tetap ideal, maka minum kopi sebelum olahraga merupakan cara yang tepat karena dapat membantu kamu uddntuk membakar lemak secara optimal.  

Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh International Society of Sports Nutrition (ISSN). Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa kandungan kafein yang ada di dalam kopi dapat membakar lemak dalam tubuh.  

Oleh karena itu, minum kopi sebelum berolahraga tentu akan sangat efektif bagi kamu untuk mengurangi massa lemak yang ada di dalam tubuh. 

3. Meningkatkan Kinerja Fisik saat Berolahraga 

Jika kamu membutuhkan asupan yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan kinerja fisik, maka kopi merupakan salah satu pilihan terbaik. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi, dapat memacu fisik kamu selama berolahraga. 

Selain itu, kopi juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh kamu. Saat kamu berolahraga, pastinya ada resiko cedera otot yang mengintai. Oleh karena itu, manfaat dari antioksidan inilah yang dapat meminimalisir terjadinya cedera saat kamu berolahraga. 

Tips Aman Minum Kopi Sebelum Berolahraga 

Meskipun terdapat beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh dari minum kopi sebelum berolahraga, namun kamu tetap harus memperhatikan aturan yang aman supaya tetap bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak mengalami efek samping yang berbahaya. Berikut ini tips aman yang dapat kamu lakukan. 

  1. Sebaiknya kamu meminum kopi 30-60 menit sebelum berolahraga. Hal ini dilakukan supaya tubuh kamu dapat menyerap kafein dengan maksimal. 
  2. Jangan terlalu banyak meminum kopi. Apabila kamu meminum kopi dalam volume yang banyak, hal tersebut akan memicu tubuh kamu mengeluarkan banyak cairan lewat keringat dan urin yang membuat kamu cepat dehidrasi. 
  3. Jaga tubuhmu supaya tetap terhidrasi dengan selalu rutin mengonsumsi air putih baik saat sebelum dan sesudah olahraga. 

    Setelah kamu mengetahui manfaat minum kopi sebelum olahraga, tentunya juga harus diimbangi dengan persiapan sebelum olahraga lainnya seperti pemanasan dan menggunakan pakaian olahraga yang dapat menunjang aktivitas olahragamu supaya tetap maksimal. 

    Salah satu outfit yang sangat direkomendasikan untuk kamu kenakan saat berolahraga adalah Basic JR Signature Jersey dari JUARAGA yang tersedia dengan warna olive, black dan navy untuk pria, serta warna mauve, olive, dan black untuk wanita. Jersey ini terbuat dari bahan berkualitas dengan desain casual yang membuat kamu tampil gaya dan tetap nyaman saat bergerak aktif.   

    Kamu juga bisa memadukan jersey tersebut dengan menggunakan bawahan Basic JR Rush Short Pants untuk pria dan Basic Women JR Casual Short Pants untuk wanita.

    Basic JR Rush Short Pants untuk pria hadir dengan warna black & navy, sedangkan Basic Women JR Casual Short Pants untuk wanita hadir dengan warna black, grey, dan olive. 

    Segera pilih dan koleksi outfit-nya sekarang juga hanya di www.juaraga.id! 

    Back to blog