Saat sebelum berolahraga, pastinya kita dianjurkan untuk melakukan beberapa gerakan pemanasan sebelum olahraga. Karena dengan pemanasan, kita dapat mempersiapkan otot tubuh kita untuk melakukan banyak gerakan yang mungkin saja ekstrim.

Untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga, kamu hanya perlu melakukan beberapa gerakan sederhana yang dapat melatih ototmu supaya tidak “terkejut” sehingga bisa meminimalisir cedera. Berikut ini gerakan pemanasan sebelum olahraga yang dapat kamu lakukan.

Contoh Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga

Berikut ini enam gerakan pemanasan agar aktivitas olahraga kamu bisa optimal dan terhindar dari cedera.

1. Memutar Leher & Menggerakkan Kepala

Ketika kamu ingin mulai melakukan pemanasan, kamu bisa memulainya terlebih dahulu dengan gerakan memutar leher dan menggerakkan kepala ke semua arah, dimulai dari depan, belakang, samping kanan, samping kiri, ke atas, dan ke bawah.

gerakan pemanasan berupa menekuk leher

Kamu dapat melakukannya sebanyak 2 kali di setiap masing-masing arah dengan cara perlahan. Selain itu, kamu juga bisa menahan kepala kamu dengan tangan saat digerakkan ke salah satu arah.

2. Menggerakkan Tangan

Gerakan pemanasan selanjutnya adalah menggerakkan tangan. Kamu bisa melakukan peregangan pada bagian tangan dengan menggerakannya ke arah depan dan belakang, lalu dilanjutkan dengan mengarahkannya ke atas serta merentangkannya ke samping.

gerakan pemanasan tangan

Kamu juga bisa memutar pergelangan tangan dan jari supaya pemanasan di bagian tangan lebih optimal. Manfaatnya, otot di tangan kamu bisa lebih fleksibel dan siap untuk melakukan banyak gerakan saat berolahraga.

3. Memutar Badan

Peganglah bagian pinggang dengan kedua tangan kamu, lalu putar badan ke samping kanan dan kiri sebanyak 8 putaran. Gerakan memutar badan berguna untuk melemaskan otot dan membuat pinggang kamu lebih lentur sehingga siap untuk melakukan berbagai gerakkan.

4. Membungkukkan dan Mengayunkan Torso

Selain pinggang, kamu juga bisa melakukan pemanasan pada bagian torso atau batang tubuh. Caranya sangatlah sederhana, kamu hanya perlu membungkukkan badan hingga membentuk sudut 90 derajat.

Kamu juga dapat mengayunkannya dengan cara menyentuh punggung kaki dengan tangan secara silang, yakni menyentuh punggung kaki kanan dengan tangan kiri dan menyentuh punggung kaki kiri dengan tangan kanan.

5. Mengangkat Kaki

Setelah melakukan pemanasan pada bagian tubuh atas, selanjutnya kamu melakukan pemanasan pada bagian kaki sebelum berolahraga.

gerakan pemanasan kaki

Kamu bisa memulainya dengan mengangkat salah satu kaki kamu dengan lutut yang menekuk sambil kedua tangan kamu menahannya selama hitungan 8 detik. Lakukan juga gerakan serupa untuk kaki kamu yang satunya.

6. Memutar dan Menekuk Pergelangan Kaki

Yang terakhir, kamu melakukan gerakan memutar pergelangan kaki secara bergantian dimulai dari sebelah kanan atau sebelah kiri.

Setelah itu, kamu bisa melanjutkannya dengan menekuknya ke bagian luar dan dalam kaki. Memutar pergelangan kaki dapat membuat kaki kamu siap untuk banyak bergerak.

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Meskipun pemanasan umumnya dilakukan hanya ketika akan berolahraga, kamu tetap bisa melakukannya ketika badan kamu merasa kurang bugar saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Setelah kamu mengetahui beberapa gerakkan pemanasan, berikut ini manfaat pemanasan sebelum olahraga yang bisa kamu peroleh, dirangkum dari Healthline.

1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh Kamu

Pemanasan sebelum olahraga dapat membuat otot-otot tubuh kamu menjadi lebih fleksibel sehingga kamu menjadi lebih mudah untuk bergerak ketika berolahraga. Bahkan kamu juga bisa leluasa untuk mengkreasikan berbagai gerakan saat berolahraga.

2. Meminimalisir Resiko Cedera

Manfaat melakukan pemanasan olahraga dapat membuat otot-otot tubuh kamu menjadi lebih rileks. Dengan begitu, kamu tak perlu lagi khawatir takut cedera karena otot kamu tidak akan “terkejut” lagi ketika harus melakukan banyak gerakan yang sangat dinamis dalam tempo lambat ke cepat.

3. Meningkatkan Aliran Darah & Oksigen

Manfaat penting lainnya yang bisa kamu peroleh dari pemanasan adalah dapat memperlancar aliran darah dan oksigen. Ketika aliran darah dan oksigen mengalir dengan lancar, maka otot kamu akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai gerakan yang lebih intens.

4. Meningkatkan Performa

Menurut studi, pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga dapat membantu olahraga kamu menjadi lebih efektif sehingga kamu dapat memperoleh hasil yang optimal.

Nah itu dia beberapa cara pemanasan sebelum olahraga yang bisa kamu lakukan sebelum memulai aktivitas untuk berolahraga beserta manfaat yang bisa kamu dapatkan. Semoga tips ini bermanfaat yaa!