7 Cara Mudah untuk Menurunkan Berat Badan

Menjaga berat badan ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu ancaman yang selalu menghantui sebagian besar masyarakat, terutama bagi orang-orang yang seringkali menjalankan pola hidup yang tidak sehat. Apalagi di era modern saat ini, kebanyakan orang sudah terbiasa mengonsumsi makanan instan.

Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk menjaga berat badan tetap ideal supaya terhindar dari obesitas. Namun apabila saat ini kamu sudah terlanjur mengalami berat badan berlebih dan memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan, kamu bisa mencoba 7 cara mudah di bawah ini agar dapat menurunkan berat badan.

1. Rutin Berolahraga

Supaya kamu bisa menurunkan berat badan, kamu bisa memulainya dengan cara rutin berolahraga. Ada banyak olahraga yang bisa kamu lakukan dengan mudah, seperti berlari, olahraga di gym, berenang, atau memainkan olahraga favorit kamu.

berolahraga secara teratur



Manfaat rutin olahraga yang bisa kamu peroleh adalah dapat menurunkan berat badan karena dapat membakar banyak kalori di tubuh lebih banyak dan dapat memperkuat otot tubuh.

Selain rutin, kamu juga perlu memastikan olahraga kamu optimal dengan menggunakan outfit yang nyaman dan membuat kamu bebas bergerak.

Outfit khusus pria yang direkomendasikan untuk kamu gunakan saat berolahraga adalah Active JR Force Jersey Black dan Basic JR Grind Jersey Black yang bisa kamu padukan dengan Active JR Force Short Pants Black

Sedangkan outfit khusus wanita yang bisa kamu gunakan adalah Active Women JR Max Jersey dan memadukannya dengan Active Women JR Force Training Pants Black atau Active Women JR Force Short Pants Black.

2. Kontrol Asupan Makanan

Asupan makanan adalah salah satu faktor yang paling mempengaruhi berhasil atau tidaknya upaya kamu dalam menurunkan berat badan kamu. Sangat disarankan bagi kamu untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan mengurangi makanan manis yang mengandung tinggi gula serta mengurangi makanan berlemak.

makanan sehat dan bergizi

3. Rutin Minum Air Putih

Minum air putih merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari Yahoolife, berdasarkan riset dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, dengan rutin minum air putih dapat membakar kalori di tubuh sepanjang hari.

minum air putih



Selain dapat membakar kalori, minum air putih bisa menjadi opsi untuk diet karena dapat menekan nafsu makan sehingga kecenderungan untuk ngemil atau makan berat menjadi berkurang.

4. Banyak Mengonsumsi Asupan Serat

Sudah menjadi rahasia umum apabila sering mengonsumsi serat akan membuat tubuh merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Hal ini juga didukung oleh salah satu hasil penelitian dari jurnal Annals of Internals Medicine yang dikutip oleh Harvard Health Publishing.

makanan dengan serat yang tinggi


Penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi serat sebanyak 30 gram setiap hari dapat membantu kamu menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan respon tubuh terhadap insulin yang mana sama efektifnya denga diet yang lebih rumit.

Oleh karena itu, kamu bisa melakukan cara ini dengan mengonsumsi buah dan sayur sebagai upaya kamu untuk menurunkan berat badan.

5. Jalankan Gaya Hidup Aktif

Gaya hidup aktif merupakan salah satu kebiasaan hidup yang dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan dan bahkan dapat membantu kamu mempertahankan berat badan ketika kamu sudah mencapai berat badan ideal.

gaya hidup aktif

Aktivitas yang dilakukan untuk menjalankan gaya hidup aktif pun juga tak sulit, kamu dapat menjalankan beberapa aktivitas sederhana yang sering kamu lakukan setiap hari seperti berjalan kaki, membereskan rumah, dan lainnya.

6. Waktu Tidur yang Cukup

Untuk menurunkan berat badan bukan hanya soal asupan dan aktivitas pergerakan tubuh seperti olahraga yang dapat mempengaruhi, akan tetapi waktu istirahat yang cukup juga menjadi faktor penting lainnya. Dikutip dari Halodoc, ketika orang kurang tidur, maka metabolisme di dalam tubuh menjadi lambat dan membuat berat badan menjadi bertambah.

waktu tidur yang baik



Selain itu, kurang tidur juga dapat merangsang hormon kortisol di dalam darah yang dapat membuat kamu nafsu makan kamu menjadi meningkat dan membuat proses penurunan berat badan kamu menjadi kacau.

7. Lakukan dengan Konsisten

Agar tujuan kamu untuk menurunkan berat badan bisa tercapai, maka kamu harus melakukan langkah-langkah di atas secara konsisten dan sepenuh hati. Meskipun di awal proses akan terasa sulit, namun penting bagi kamu untuk terus membiasakan diri dan menanamkan motivasi yang kuat hingga akhirnya kamu dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Back to blog