Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang utama agar kita dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Untuk menjaga kesehatan pun juga bukanlah hal yang sulit, kita hanya perlu menjaga asupan dan disiplin dalam berolahraga.  

Namun untuk berolahraga, seringkali kebanyakan orang malas untuk melakukannya karena berbagai sebab, biasanya karena sibuk bekerja atau kelelahan karena aktivitas yang terlalu padat.  

Apakah kamu juga merasakan hal tersebut? Lalu, bagaimana caranya untuk mengatasi hal ini? Ini dia beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar tidak lagi malas berolahraga.

1. Kumpulkan Niat 

Sebelum memulai aktivitas olahraga, tentunya kam membutuhkan niat terlebih dahulu. Dengan mengumpulkan niat sebelum berolahraga, kamu bisa mempersiapkan diri kamu baik secara fisik maupun mental untuk berolahraga dan menentukan jadwal yang sesuai dengan keinginan kamu. Misalnya, jika kamu ingin berolahraga di waktu pagi hari, kamu bisa mempersiapkan diri kamu sejak malam hari dengan tidak tidur larut malam.

Niat untuk berolahraga

Sebaiknya kamu menentukan apa tujuan kamu dalam berolahraga, misalnya seperti untuk menjaga kebugaran tubuh atau menurunkan berat badan. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan outfit atau aksesoris pendukung seperti headset untuk mendengarkan musik dan sepatu khusus olahraga supaya niat olahraga kamu semakin kuat. 

2. Berolahraga dengan Waktu yang Fleksibel 

Aktivitas olahraga biasanya identik dilakukan hanya di pagi hari dan di hari libur. Nah, jangan sampai kamu terpaku dengan asumsi tersebut ya, karena sebetulnya olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja selama tubuhmu fit. 

Olahraga dengan waktu yang fleksibel

Bila kamu tidak sempat untuk berolahraga di pagi hari karena sibuk bekerja, kamu bisa menggantinya dengan berolahraga setelah pulang kerja. Bahkan kamu juga bisa berolahraga dengan berjalan kaki dan sering melewati tangga.  

3. Pilih Tempat yang Cocok  

Supaya aktivitas olahragamu semakin menyenangkan, kamu bisa memilih tempat yang cocok untuk kamu berolahraga. Salah satu tempat olahraga yang bisa kamu pilih adalah taman, jogging track, arena stadion, atau spot car free day.

Bila kamu berolahraga di pagi hari, alangkah baiknya kamu memilih tempat yang terpapar sinar matahari, karena paparan sinar matahari pagi memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kamu. 

4. Mulai dengan Olahraga yang Ringan dan Durasi yang Singkat 

Kamu tidak perlu terburu-buru langsung melakukan aktivitas olahraga yang berat, karena itu akan membuat tubuhmu menjadi sangat lelah karena tubuh kamu “terkejut” sudah lama tidak berolahraga. Maka dari itu, kamu bisa memilih aktivitas olahraga yang lebih ringan seperti memulainya dengan pemanasan lalu dilanjutkan dengan jogging atau bersepeda.  

Olahraga dengan durasi yang singkat

Selain itu, kamu juga sebaiknya melakukan olahraga ringan tersebut dengan durasi yang singkat agar tubuh kamu dapat melakukan penyesuaian. 

5. Pilih Olahraga Favoritmu 

Salah satu cara ampuh supaya kamu bisa lebih termotivasi untuk berolahraga adalah dengan melakukan olahraga favorit kamu. Bila kamu menjalani sesuatu yang kamu senangi, sudah pasti kamu akan dengan senang hati melakukannya. 

Pilih olahraga favoritmu untuk kembali berolahraga

Misalnya jika kamu menyukai olahraga futsal atau basket yang dapat membuat dirimu kembali berolahraga, maka kamu bisa melakukannya. 

6. Gunakan Aplikasi Olahraga 

 Saat ini telah tersedia banyak pilihan aplikasi khusus untuk menunjang aktivitas olahraga yang dapat kamu pilih sesuai dengan jenis olahraga, seperti untuk workout atau jogging. Dengan menggunakan aplikasi, kamu bisa mendapatkan berbagai macam tips hingga mengukur aktivitas olahraga sehingga olahraga yang kamu lakukan menjadi lebih optimal. 

Gunakan aplikasi olahraga untuk optimalkan aktivitas olahraga kamu

7. Ajak Temanmu 

Kebanyakan orang ketika sudah memiliki niat untuk berolahraga, seketika menjadi malas karena tidak mau berolahraga sendirian. Jika kamu merasa begitu, kamu bisa mengajak salah satu temanmu atau lebih untuk olahraga bersama-sama. Selain bisa menghilangkan rasa malas olahraga kamu, mengajak teman bisa membuat aktivitas olahraga kamu bisa lebih menyenangkan.

Ajak teman untuk olahraga bersama

Nah, dengan menerapkan ketujuh cara tersebut kamu bisa kembali memulai olahraga atau bahkan bisa menjadikan olahraga sebagai rutinitas setiap harinya. Apakah kamu sudah siap kembali hidup sehat dengan rutin berolahraga?