Sebelum Olahraga, Wajib Tahu Perbedaan Peregangan Statis dan Dinamis

Berikut ini perbedaan peregangan statis dan dinamis

Bagi kamu yang menyukai aktivitas olahraga, sudah pasti mengetahui pentingnya melakukan peregangan baik sebelum maupun sesudah olahraga. Dengan peregangan, otot tubuh kamu akan menjadi lebih rileks dan siap untuk melakukan berbagai gerakan, baik secara lambat maupun cepat. 

Namun sayangnya seringkali kebanyakan orang melakukan peregangan dengan cara yang salah atau bahkan tidak melakukannya sama sekali. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara peregangan yang benar supaya aktivitas olahragamu berjalan optimal. 

Peregangan sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu peregangan statis dan peregangan dinamis. Lantas apa saja perbedaan keduanya? Simak penjelasannya berikut ini. 

Perbedaan Peregangan Statis dan Dinamis 

Perbedaan utama dari peregangan statis dan dinamis adalah terletak pada cara melakukannya. Peregangan statis dilakukan dengan cara menahan posisi peregangan pada sendi selama 10 hingga 30 detik untuk meningkatkan fleksibilitas otot, sedangkan peregangan dinamis dilakukan dengan cara menggerakkan sendi secara berirama dalam hitungan 8 hingga 10 kali untuk mempersiapkan otot dan persendian sebelum berolahraga. 

Cara Melakukan Peregangan Statis 

Untuk melakukan peregangan ini sangatlah mudah karena kamu tidak perlu melakukan gerakan-gerakan yang rumit, bahkan juga bisa kamu lakukan sambil duduk. Peregangan statis dapat dilakukan dengan cara berikut ini: 

1. Tarik napas dalam-dalam dan buat otot Anda menjadi rileks saat melakukan peregangan. 

2. Tahan posisi gerakan peregangan selama 10 hingga 30 detik. Menahannya terlalu lama atau terlalu sebentar juga tidak baik. 

3. Hentikan gerakan peregangan apabila kamu sudah merasakan sakit pada otot. 

4. Cara yang bisa dilakukan untuk melakukan peregangan ini adalah dengan menggerakkan sendi secara perlahan hingga otot terasa tegang, lalu menahannya selama 30 hingga 60 detik. 

Manfaat Peregangan Statis 

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari melakukan peregangan statis, diantaranya adalah: 

1. Meningkatkan fleksibilitas dan meminimalisir cedera dengan membuat otot menjadi lebih lentur dan rileks sehingga dapat bergerak maksimal. '

2. Mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan oleh gerakan saat berolahraga atau aktivitas fisik lainnya. 

3. Meningkatkan kualitas tidur dengan membuat otot rileks dan mengurangi stress. 

Selain itu, ternyata peregangan statis tidak hanya dapat dilakukan oleh orang yang akan melakukan aktivitas olahraga, tetapi juga bagi orang yang melakukan aktivitasnya dalam posisi yang pasif selama berjam-jam, seperti orang yang sedang mengendarai kendaraan atau orang yang bekerja dengan duduk di belakang meja. 

Aktivitas tersebut tentu akan berdampak buruk pada kondisi otot dan postur tubuh kamu, maka dari itu sangat penting bagi kamu untuk melakukan peregangan.  

Cara Melakukan Peregangan Dinamis 

Untuk melakukan peregangan dinamis, kamu dapat melakukannya dengan cara sambil berdiri agar dapat melakukan gerakannya secara optimal. Peregangan statis dapat dilakukan dengan cara berikut ini: 

1. Lakukan gerakan peregangan secara perlahan dan terkontrol. Jangan melakukan peregangan sampai memaksakan diri hingga terasa sakit. 

2. Jangan melakukan gerakan terlalu lama, cukup dalam hitungan 10 hingga 20 detik.  

3. Ulangi setiap gerakan peregangan sebanyak 2 hingga 3 kali. 

4. Ambil jeda sejenak di antara sesi gerakan peregangan. 

Manfaat Peregangan Dinamis 

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari melakukan peregangan statis: 

1. Meningkatkan fleksibilitas yang dapat membuat ruang gerak otot dan sendi menjadi lebih bebas dan mudah. 

2. Membuat otot dan sendi menjadi “panas” serta lebih siap untuk bergerak sehingga dapat meningkatkan performa saat berolahraga dan meminimalisir resiko cedera. 

3. Meningkatkan aliran darah ke otot sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan kelelahan pada otot. 

4. Membuat otot menjadi lebih responsif dan dapat terkoordinasi dengan baik saat melakukan berbagai gerakan. 

Peregangan dinamis sangat cocok untuk dilakukan sebelum memulai aktivitas olahraga yang membutuhkan gerakan dengan tempo cepat seperti berlari, berenang, bermain sepak bola, basket, dan lainnya. 

Dengan mengetahui perbedaan, cara, dan manfaat dari peregangan statis dan dinamis, kamu bisa lebih sadar untuk selalu mempraktikannya saat sebelum dan sesudah berolahraga.  

Selain itu, supaya aktivitas olahragamu lebih nyaman, kamu juga perlu menggunakan outfit olahraga yang cocok untuk menunjang seluruh gerakan kamu.  

Salah satu outfit yang direkomendasikan untuk kamu kenakan saat berolahraga adalah JUARAGA Jersey Sport Pria JR Max Hitam untuk pria dan JUARAGA Jersey Sport Wanita JR Max Hitam yang menggunakan bahan berkualitas sehingga sejuk dan ringan saat dikenakan ketika berolahraga. 

Agar tampilanmu terlihat lebih matching, kamu bisa memilih bawahannya dengan menggunakan JUARAGA Celana Pendek Sport Pria JR Force Hitam untuk pria dan JUARAGA Celana Pendek Sport Wanita JR Force Hitam untuk wanita.

 

Selain itu, kamu bisa memilih outfit keren lainnya dari JUARAGA hanya di webstore www.juaraga.id! 

Back to blog