Berlari menjadi salah satu olahraga favorit bagi kebanyakan orang. Selain mudah dan murah, olahraga lari juga memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Dalam olahraga lari juga terdapat beberapa variasi diantaranya adalah lari jarak pendek dan lari jarak jauh. Namun, di artikel ini akan dibahas tentang pengertian lari jarak pendek, teknik yang benar beserta manfaatnya. 

Pengertian Lari Jarak Pendek 

Lari jarak pendek atau juga biasa disebut dengan sprint merupakan salah satu jenis olahraga yang bertujuan untuk mencapai kecepatan maksimal saat berlari dengan waktu tempuh sesingkat mungkin yang dimulai dari garis start hingga finish. Jarak yang ditempuh terbagi beberapa nomor, lari jarak pendek bisa menempuh jarak 60 meter, 80 meter, 100 meter, 200 meter, atau 400 meter.  

Teknik Dasar Lari Jarak Pendek 

Sebelum memulai lari jarak pendek, teknik start yang bisa kamu lakukan adalah start jongkok supaya lari kamu optimal. Berikut ini 3 teknik start lari jarak pendek yang bisa kamu lakukan.

1. Teknik start “bersedia” 

teknik lari jarak pendek terbagi menjadi tiga yaitu
Posisikan tubuh kamu di belakang garis start dengan kaki kiri di depan dan lutut kaki kanan di sebelah kaki kiri dengan jarak kira-kira satu kepalan tangan. Letakkan kedua tangan di belakang garis start. Condongkan badan kedepan dengan pandangan lurus ke depan. 

2. Teknik start “bersiap” 

teknik lari sprint

Pada tahap ini, kamu harus membungkukkan badan kamu lebih kedepan dengan posisi dengkul setengah berdiri. 

 3. Teknik start “Ya” 

teknik lari jarak pendek 100 m

Di tahap terakhir ini, kamu mulai berlari dengan mendorong ke depan kaki kiri yang berada di posisi depan dan mendorong ke belakang kaki kanan yang berada di posisi belakang secara bersamaan dengan badan sedikit melompat ke depan untuk mendapatkan akselerasi.

Tips Lari Jarak Pendek

Berikut ini beberapa tips untuk kamu lakukan supaya lari jarak pendek kamu optimal.

1. Lakukan Pemanasan dengan Benar

Persiapan lari jarak pendek yang penting untuk kamu lakukan adalah pemanasan. Kamu harus melakukan peregangan otot secara menyeluruh supaya sirkulasi darah lancar dan mengurangi risiko cedera. Pemanasan yang dilakukan sebaiknya kamu utamakan pada bagian kaki, sebab bagian kaki akan menjadi tumpuan utama saat kamu melakukan lari jarak pendek. 

3. Posisi Badan Saat Lari Jarak Pendek

Pastikan badan kamu dalam posisi yang tepat saat lari jarak pendek, yakni dengan menjaga posisi badan yang condong ke depan supaya dapat mencapai kecepatan maksimal saat berlari. 

4. Langkah Cepat dan Ringan

Fokuslah untuk membuat langkah kamu menjadi lebih pendek dan ringan supaya dapat mencapai kecepatan maksimal. Hindari langkah yang terlalu panjang, karena ini dapat mengurangi kecepatan kamu.  

5. Atur Pernapasan

Mengatur pernapasan adalah kunci dalam menjaga stamina saat berlari. Terapkan teknik pernapasan perut supaya . Kamu dapat melakukannya dengan menarik napas dalam-dalam melalui hidung hingga perut mengembang. Lalu keluarkan napas mulut hingga perut kembali mengempis.

6. Latihan Interval

Lakukanlah latihan interval ke dalam lari jarak pendek kamu. Caranya, kamu bisa berlari sepanjang 200 meter dengan kecepatan maksimal, kemudian melambatkan kecepatan pada jarak 100 meter. Lakukan teknik ini secara berulang sebanyak 6-8 kali.   

Manfaat Lari Jarak Pendek 

Terdapat beberapa manfaat lari jarak pendek bagi kesehatan tubuh kamu, diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Meningkatkan kekuatan dan kecepatan

Lari jarak pendek adalah latihan yang sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh dan kecepatan lari. Saat berlari jarak pendek, otot-otot kaki kamu akan bekerja sangat keras untuk menghasilkan tenaga yang dibutuhkan supaya dapat berlari secepat mungkin. Dengan begitu, kekuatan otot-otot kaki kamu akan terlatih. 

2. Meningkatkan kebugaran

Selain melatih kekuatan dan kecepatan, lari jarak pendek ternyata juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh kamu seperti meningkatkan fungsi kardiovaskular yang dapat melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan kemampuan pernapasan pada paru-paru, juga menjaga kelentukan otot-otot tubuh. 

3. Membakar kalori

Lari jarak pendek merupakan latihan intensitas tinggi yang dapat membakar kalori lebih efektif dibanding latihan kardio lainnya. Maka dari itu, lari jarak pendek sangatlah cocok untuk menurunkan berat badan. 

4. Menjaga kesehatan mental

Aktivitas fisik seperti lari jarak pendek dapat merangsang pelepasan endorfin, yaitu hormon yang membuat perasaan lebih bahagia. Ini dapat meningkatkan mood, mengurangi stres, dan membuat pikiran lebih positif.   

5. Meningkatkan metabolisme

Latihan intensitas tinggi seperti lari jarak pendek dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini tidak hanya membantu membakar lemak selama latihan, tetapi juga setelahnya, yang dikenal sebagai efek afterburn. 

Itu dia penjelasan tentang pengertian lari jarak pendek, teknik dasar beserta manfaatnya bagi kesehatan, sehingga kamu dapat melakukannya dengan benar dan merasakan manfaatnya dengan optimal. 

Selain teknik, kamu juga perlu menggunakan outfit khusus yang dapat menunjang semua gerakan kamu saat melakukan lari jarak pendek. JUARAGA sebagai active lifestyle brand menghadirkan pakaian berkualitas tinggi dan teknologi terkini untuk mendukung setiap aktivitas olahraga kamu. 

Salah satu pakaian yang dirancang khusus untuk kamu kenakan saat berlari adalah JUARAGA Jersey Sport Pria JR Endurance Biru untuk pria yang menggunakan material polyester berkualitas sehingga dapat memberikan kenyamanan dan kebebasan bergerak saat berlari. 

Kamu juga bisa memadukannya dengan menggunakan bawahan JUARAGA Celana Pendek JR Rush yang menggunakan material poly ribstop berkualitas tinggi yang membuat setiap gerakan lari kamu lebih maksimal. 

Selain outfit untuk pria, juga ada rekomendasi outfit lari untuk kamu para wanita yakni dengan menggunakan JUARAGA Jersey Sport Wanita JR Force Hitam dengan desain sporty yang terbuat dari materal polyester yang cepat menyerap keringat dan sejuk saat dikenakan. 

Untuk bagian bawahannya, kamu bisa menggunakan JUARAGA Celana Pendek Sport Wanita JR Force yang menggunakan material WR Crinkle dengan desain sporty dengan bobot yang ringan. 

Segera koleksi outfit-nya sekarang juga hanya di www.juaraga.id!