Supaya tubuh tetap bugar, melakukan olahraga tentunya sudah menjadi sebuah keharusan. Ada banyak sekali jenis variasi olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan sehingga tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak berolahraga. Salah satu jenis olahraga yang cukup populer dan mudah dilakukan adalah jumping jack.

Apa itu Jumping Jack?

Jumping jack adalah gerakan latihan kardio yang  dilakukan hanya dengan melompat sambil membuka kaki dan mengangkat tangan ke atas secara bersamaan.

Untuk melakukan gerakan ini, kamu juga tidak memerlukan peralatan khusus. Kamu hanya perlu berada di tempat atau ruangan yang memungkinkan kaki dan tangan kamu bisa bergerak dengan leluasa.

Manfaat Jumping Jack untuk Kesehatan

Meskipun gerakannya sangat sederhana, namun jumping jack memiliki banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut ini beberapa manfaat jumping jack yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Gerakan jumping jack yang dilakukan secara teratur diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung.

manfaat jumping jack

Dikutip dari Manhattan Cardiology, jumping jack dapat meningkatkan kecepatan detak jantung dan memperbaiki sirkulasi darah. Gerakan ini juga dapat memperkuat jantung dan meningkatkan penyerapan oksigen melalui peningkatan daya tahan kardiovaskular.

2. Membakar Kalori

Apabila kamu ingin menjaga berat badan tetap ideal, maka kamu bisa melakukan jumping jack. Gerakan ini diketahui efektif untuk membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan.

jumping jack membakar berapa kalori

Dikutip dari Healthline, jumping jack dapat membakar sekitar 8 kalori per menit untuk orang dengan berat badan 120 pounds (setara 54 kilogram) dan 16 kalori untuk seseorang dengan berat 250 pounds (setara 113 kilogram).

3. Meningkatkan Stamina

Bagi kamu yang seringkali merasa cepat lelah saat beraktivitas, kamu bisa mencoba melakukan jumping jack untuk memperbaiki stamina tubuh.

Seperti yang dikutip dari Nutrisense, melakukan olahraga kardio seperti jumping jack secara bertahap dapat membantu meningkatkan daya tahan kardiovaskular dan meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan.

4. Memperkuat Otot

Gerakan jumping jack diketahui dapat membantu memperkuat otot-otot tubuh. Hal ini dikarenakan gerakan jumping jack melibatkan berbagai kelompok otot tubuh, seperti otot kaki dan lengan.

Dikutip dari GoodRx Health, gerakan cepat dari jumping jack yang melibatkan berbagai kelompok otot tubuh terutama bagian bawah, akan membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot.

5. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Manfaat lainnya yang tak kalah bagusnya dari jumping jack adalah dapat meningkatkan kekuatan tulang yang sangat penting supaya terhindar dari osteporosis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Library of Medicine, dengan melakukan jumping jack sebanyak 10 hingga 20 kali repetisi per hari dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

6. Meredakan Stress

Setiap orang pasti pernah merasakan stress yang disebabkan oleh banyak hal, seperti pekerjaan atau hal lainnya. Apabila saat ini kamu sedang mengalami stress, kamu bisa meredakannya dengan jumping jack.

manfaat jumping jack setiap hari

Gerakan-gerakan jumping jack diketahui dapat membantu tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat meredakan stres. 

Cara Melakukan Jumping Jack dengan Benar

Untuk melakukan jumping jack, tentu kamu harus mengetahui cara yang benar supaya bisa mendapatkan hasil yang optimal dari gerakan ini. Berikut ini cara melakukan jumping jack dengan benar.

1. Mulai dengan Berdiri Tegak

Saat akan memulai, ambil posisi berdiri tegak dengan kaki rapat dan tangan di samping tubuh.

2. Melompat

Mulailah melompat dengan kaki dibuka selebar bahu sambil mengangkat kedua tangan dengan lebar.

3. Kembali ke Posisi Awal

Posisikan tubuh ke posisi awal dan ulangi kembali gerakan lompat

Tips Melakukan Jumping Jack dengan Aman

Supaya kamu bisa melakukan gerakan jumping jack dengan aman, berikut ini tips aman yang bisa kamu lakukan.

  1. Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan jumping jack.
  2. Kenakan sepatu khusus olahraga yang nyaman agar kaki terhindar dari cedera.
  3. Jaga postur tetap lurus saat melakukan jumping jack.

Variasi Gerakan Jumping Jack

Apabila kamu mulai merasa bosan melakukan gerakan jumping jack yang hanya “itu-itu” saja, kamu bisa mencoba beberapa variasi gerakan jumping jack berikut ini.

1. Half Jacks

Kamu bisa melakukan variasi gerakan half jacks, yakni melompat dengan kaki selebar bahu tanpa harus mengangkat kedua tangan.

2. Cross Jacks

Cross jack bisa kamu lakukan dengan cara melakukan gerakan cross jac dengan bersilang pada saat tangan turun ke bawah dan kaki bersilang saat dirapatkan.

3. Squat Jacks

Variasi gerakan ini adalah memadukan jumping jack dengan squat untuk intensitas yang lebih tinggi. Rapatkan kedua kaki kamu saat ingin memulai, lalu loncat dan buka kedua kaki kamu sambil menekuk kedua lutut hingga dalam posisi hampir jongkok.

Nah itu dia penjelasan tentang jumping jack dan manfaatnya yang bisa kamu dapatkan dari gerakan jumping jack. Supaya gerakan jumping jack yang kamu lakukan lebih optimal, kamu juga perlu menggunakan outfit yang nyaman dari JUARAGA.

Salah satu outfit olahraga dari JUARAGA yang sangat direkomendasikan untuk kamu adalah JUARAGA Jersey Sport JR Max Hitam yang tersedia untuk pria dan wanita.

Jersey ini terbuat dari perpaduan material interlock dan mesh yang ringan dan sejuk, sehingga sangat cocok untuk digunakan saat kamu melakukan berbagai gerakan, termasuk jumping jack.

Untuk bagian bawahan, kamu bisa menggunakan JUARAGA Celana Pendek Sport Pria JR Ultimate yang terbuat dari bahan WR Crinkle ringan, sehingga membuat kamu bergerak lebih maksimal.

Sementara untuk wanita, bagian bawahan yang bisa kamu kenakan adalah JUARAGA Celana Legging Wanita JR Swift yang terbuat dari bahan stretch yang elastis, yang membuat kaki kamu bergerak dengan sangat nyaman dan leluasa.

 

So, tunggu apalagi, segera koleksi outfit-nya sekarang juga hanya di www.juaraga.id!