Sudah menjadi rahasia umum jika pagi hari menjadi salah satu waktu yang sangat penting bagi semua orang. Pagi hari merupakan waktu dimana semua orang bangun dari tidurnya dan bersiap untuk memulai aktivitas yang akan dilakukan selama seharian penuh.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk memulai hari di waktu pagi dengan beberapa aktivitas yang bisa meningkatkan mood, sehingga kamu bisa lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas seharian dan merencanakan aktivitas apa saja yang akan dilakukan.

Bagaimana cara untuk memulai pagi agar bisa produktif?

Untuk memulai hari di waktu pagi, sangat penting bagi kamu untuk melakukan beberapa hal sederhana yang dapat menstimulus diri kamu menjadi lebih aktif dan produktif dalam beraktivitas. Apalagi di waktu pagi hari ini memiliki waktu yang singkat, tentunya kamu harus bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Nah, berikut ini beberapa rutinitas sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memulai hari kamu di waktu pagi supaya lebih produktif.

1. Bangun Tidur Lebih Pagi

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk memulai pagi yang produktif adalah dengan bangun tidur lebih pagi. Ketika kamu bangun tidur lebih pagi, kamu bisa menikmati udara yang masih sangat segar yang dapat membuat asupan oksigen kamu lebih banyak dan tentunya juga membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks.

bangun tidur

Agar kamu bisa bangun lebih pagi, tentunya kamu harus memulai tidur lebih awal. Selain bisa bangun lebih pagi, manfaat lainnya dari tidur lebih awal adalah kesehatan jantung juga lebih terjaga.

2. Minum Air Putih

Setelah kamu bangun tidur, maka penting bagi kamu untuk segera meminum segelas air. Hal ini dikarenakan selama tertidur, tubuh kamu tidak menerima asupan cairan selama berjam-jam. Maka dari itu, dengan langsung meminum segelas air ketika bangun tidur dapat membantu tubuh kamu untuk terhidrasi kembali.

Minum air putih di pagi hari

Untuk memulai rutinitas ini, kamu bisa menyediakan air minum di sebelah kasur kamu menggunakan gelas atau botol minum agar ketika bangun di pagi hari kamu langsung bisa meminumnya.

3. Merapikan Kasur

Aktivitas setelah bangun tidur yang bisa kamu lakukan untuk menjadi rutinitas adalah merapikan tempat tidur. Aktivitas ini tentunya akan membuat mood kamu menjadi bagus karena kamu bisa membuat tempat tidur menjadi lebih rapi dan tempat tidur sudah dalam keadaan nyaman ketika kamu tempati kembali di malam harinya.

merapikan tempat tidur

4. Membuka Jendela

Ketika kamu sudah bangun dari tidur dan meminum air, segera bukalah jendela rumah kamu. Membuka jendela dapat memperbaiki sirkulasi udara sehingga udara di rumah kamu menjadi lebih segar.

Membuka jendela

Selain memperbaiki sirkulasi udara, membuka jendela juga dapat membuat sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan kamu.

5. Pemanasan

Saat tidur, otot-otot tubuh tentu mengalami kaku karena kurangnya gerakan selama beberapa jam. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan beberapa gerakan ringan di setiap anggota tubuh kamu seperti leher, tangan, pinggang, dan kaki dengan pemanasan.

stretching di rumah

Selain mengurangi rasa kaku dan pegal, dengan pemanasan kamu juga dapat membuat tubuhmu lebih siap untuk beraktivitas.

6. Membersihkan Kamar atau Rumah

Aktivitas selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan kamar atau rumah. Kamu bisa memulainya dengan menyapu atau mengepel lantai. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kamu, karena ketika waktunya kamu beristirahat setelah lelah beraktivitas seharian, kondisi rumah atau kamar kamu sudah dalam keadaan bersih dan nyaman.

membersihkan rumah

7. Mandi

Setelah kamu memulai pagi dengan beberapa aktivitas, tentunya akan membuat tubuh kamu menjadi berkeringat. Agar tubuh kamu menjadi kembali bersih, kamu bisa mandi terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas selanjutnya.

Selain itu, mandi juga bisa membuat tubuh kamu lebih segar, meningkatkan semangat dalam beraktivitas ,dan bahkan bisa meningkatkan kekebalan sistem imun tubuh kamu.

8. Sarapan

Supaya aktivitasmu lebih lancar, alangkah baiknya jangan pernah lewatkan sarapan. Dengan sarapan, kamu bisa memulai hari dengan penuh energi. Pilihlah sarapan dengan asupan yang mengandung karbohidrat dan protein yang baik untuk tubuh kamu seperti roti, nasi, telur, dan susu. Selain energi, sarapan juga dapat meningkatkan fokus kamu dalam beraktivitas seperti bekerja atau belajar.

sarapan pagi yang sehat

Itu dia 8 rutinitas yang bisa kamu lakukan di pagi hari untuk tingkatkan produktivitas kamu. Untuk hasil yang maksimal, penting bagi kamu untuk selalu memiliki motivasi yang kuat supaya kamu bisa menjalankan rutinitas tersebut dengan konsisten.