Salah satu pengetahuan yang penting untuk diketahui bagi para pelari adalah pace lari. Sebab, pace lari sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas lari supaya dapat menghitung waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tertentu. 

Apa Itu Pace Lari?  

Pace lari adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui kecepatan berlari. Untuk menghitungnya, kamu bisa menggunakan rumus menit per mil atau menit per kilometer.

Tujuan menerapkan pace lari, bukan hanya tentang seberapa cepat kamu berlari, tetapi juga tentang seberapa konsisten kamu menjaga kecepatan tersebut selama jarak tertentu.

Manfaat Menerapkan Pace Saat Berlari 

Manfaat dari menerapkan pace saat berlari adalah dapat membantu kamu mengetahui kecepatan dan mengukur seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berlari dalam jarak tertentu, serta melacak perkembangan kemampuan berlari kamu dari waktu ke waktu. 

Selain itu, ada juga manfaat lainnya yang bisa kamu peroleh saat menerapkan pace saat berlari, yaitu sebagai berikut: 

1. Membantu Efisiensi Energi 

Menerapkan sekaligus menjaga pace yang tepat, dapat membantu kamu menghemat energi saat berlari. Ketika kamu berlari terlalu cepat, kamu mungkin akan cepat lelah dan menguras energi kamu lebih awal. Sebaliknya, jika kamu berlari terlalu lambat, kamu mungkin tidak mencapai potensi kinerja kamu yang sebenarnya.    

2. Menentukan Performa Lari

Pace juga memainkan peran penting dalam menentukan performa kamu dalam berbagai jenis lomba lari. Setiap lomba memiliki persyaratan pace yang berbeda, dan memahami pace yang tepat untuk setiap lomba adalah kunci untuk berhasil.  

3. Meningkatkan Ketahanan

Dengan melatih dan menjaga pace yang tepat, kamu dapat meningkatkan ketahanan kamu dalam berlari jarak jauh. Ketahanan adalah kemampuan tubuh untuk menjaga kecepatan dan daya tahan kamu untuk menempuh jarak cukup panjang.  

Bagaimana Cara Menghitung Pace Lari?  

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengitung pace untuk memaksimalkan performa saat berlari.

cara menghitung pace lari

Berikut ini cara mudah untuk menghitung pace:  

1. Tentukan Jarak dan Waktu

Langkah pertama adalah menentukan jarak yang akan kamu lari dan waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya. Misalnya, kamu berencana untuk berlari 5 kilometer dalam waktu 20 menit, maka kamu bisa catat target yang telah kamu tetapkan tersebut. 

2. Hitung Pace Lari

Selanjutnya, kamu bisa membagi waktu dengan jarak untuk menghitung pace. Dari contoh di atas, maka cara menghitung pace adalah 20 menit / 5 kilometer = 4 menit per kilometer. Jadi, pace yang dapat kamu lakukan adalah 4 menit per kilometer atau bisa disebut dengan pace 4. 

Apabila semakin kecil angka pace yang kamu peroleh, maka semakin cepat lari yang kamu lakukan.

3. Gunakan Alat Pelacak

Selain menghitung secara manual, kamu juga dapat menggunakan alat pelacak lari atau aplikasi yang tersedia secara online untuk menghitung pace kamu secara otomatis. Hal ini akan sangat berguna saat kamu ingin melacak pace lari di momen yang berbeda. 

Tips untuk Memaksimalkan Pace dalam Lari kamu 

Setelah kamu memahami apa itu pace dan bagaimana menghitungnya, berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu memaksimalkan pace dalam lari kamu:  

1. Latih Kecepatan

Latih kecepatan secara teratur dapat membantu meningkatkan pace kamu. Cobalah berlari dengan kecepatan yang lebih tinggi selama beberapa interval dalam sesi latihan.  

2. Lakukan Latihan Interval

Latihan interval melibatkan aktivitas lari dengan kecepatan tinggi selama periode tertentu, diikuti dengan periode pemulihan yang lebih lambat. Ini membantu meningkatkan kecepatan dan daya tahan kamu saat berlari.  

3. Lakukan dengan Konsisten

Konsistensi adalah kunci untuk memaksimalkan pace kamu. Cobalah untuk menjaga pace yang konsisten selama lari, terutama saat kamu berlatih. 

4. Tentukan Tujuan

Tentukan tujuan yang berkaitan dengan pace kamu. Misalnya, kamu ingin meningkatkan pace untuk lari jarak jauh, maka kamu bisa tetapkan target waktu tertentu yang ingin kamu capai.  

5. Mengonsumsi Asupan yang Bernutrisi

Memenuhi asupan yang bernutrisi bagi tubuh salah satu hal yang sangat penting. Terutama kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, sehingga tubuh menjadi lebih berenergi dan membantu membentuk jaringan otot yang kuat. 

6. Istirahat yang Cukup

Jangan lupakan pentingnya istirahat yang cukup. Tubuh kamu memerlukan waktu untuk pulih setelah latihan berat, dengan beristirahat maka akan membantu meningkatkan pace kamu secara keseluruhan.  

Kesimpulan 

Sangat penting bagi kamu untuk menerapkan pace saat berlari supaya bisa mencapai performa maksimal. Dengan memahami konsep pace, menghitungnya, dan melatih diri kamu untuk menjaga pace yang tepat, maka kamu dapat melakukan olahraga lari lebih baik dan mencapai goals dari lari kamu dengan cara yang lebih efisien.  

Selain pace, perlengkapan lari juga menjadi hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan, seperti pakaian dan sepatu lari yang nyaman. Salah satu pakaian lari yang nyaman untuk kamu gunakan adalah JUARAGA Jersey Sport Pria JR Running.

 

Kamu juga bisa memadukannya dengan JUARAGA Celana Pendek Sport Pria JR Ultimate untuk pria yang didesain khusus untuk mendukung aktivitas larimu.

Sedangkan untuk wanita, kamu bisa kenakan JUARAGA Jersey Sport Wanita JR Running yang sangat nyaman dan sporty.

Kamu bisa mengombinasikannya dengan JUARAGA Celana Pendek Sport Wanita JR Force Hitam dengan desain yang sporty sehingga sangat nyaman untuk kamu kenakan saat berlari. 

So, tunggu apalgi segera koleksi outfit-nya sekarang juga hanya di www.juaraga.id!