Olahraga angkat beban seringkali dianggap sebagai olahraga yang hanya diperuntukkan pria karena dapat membuat otot tubuh menjadi terbentuk.  

Padahal, olahraga angkat beban tidak hanya bermanfaat untuk membentuk otot, melainkan juga memiliki manfaat lainnya seperti meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot tubuh, serta membakar lemak. 

Manfaat olahraga angkat beban seperti inilah yang tentu juga dibutuhkan oleh wanita untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Untuk melakukan olahraga angkat beban ini, kamu bisa melakukannya di tempat gym atau di rumah dengan menggunakan dumbell yang memiliki bobot ringan.  

Manfaat Angkat Beban untuk Wanita

Nah ladies, ini dia 5 manfaat angkat beban untuk wanita yang bisa kamu dapatkan.

1. Membantu membakar lemak

Jika kamu ingin membakar lemak yang berlebih di dalam tubuh dan ingin melakukan aktivitas olahraga di dalam ruangan, olahraga angkat beban yang ringan bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Manfaat gym melalui olahraga angkat beban dapat membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan massa otot. 

Dilansir dari Medical News Today, latihan angkat beban ringan yang dilakukan selama 30 menit dapat membakar sekitar 110 kalori ,bahkan bisa membakar hingga 440 kalori jika dilakukan selama 1 jam, tergantung dari berat badan seseorang.  

2. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Selain dapat membakar lemak, olahraga angkat beban ternyata juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. 

Hal ini sesuai dengan penelitian yang menemukan bahwa angkat beban dapat memberikan perlindungan lebih terhadap penyakit jantung dibandingkan latihan kardio lainnya. Studi tersebut menghasilkan penemuan bahwa olahraga angkat beban dapat mengurangi jenis lemak berbahaya yang dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. 

3. Menguatkan tulang dan otot

Tulang dan otot akan berkurang massa dan kekuatannya seiring dengan bertambahnya umur, terutama jika telah mengalami menopause yang akan menurunkan densitas tulang sebanyak 2-3% per tahun. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka dari itu otot dan tulang perlu dilatih kekuatannya dengan cara angkat beban. 

Dikutip dari The Orthopedic & Sport Medicine Institute, selama menahan beban, dan tendon akan memberikan ketegangan pada tulang sehingga dapat merangsang tulang untuk memproduksi lebih banyak jaringan tulang. 

4. Mengurangi stres

Apabila saat ini kamu sedang merasakan stress yang diakibatkan oleh pekerjaan atau hal lainnya dan membuat kamu menjadi tidak  bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari, kamu bisa mencoba melakukan latihan angkat beban. 

Menurut penelitian, saat tubuh melakukan gerakan olahraga seperti angkat beban akan mengeluarkan hormon endorfin, yang dapat membuat mood kamu menjadi lebih baik dan mengurangi rasa stres yang berlebih.  

5. Mengatur hormon lebih baik

Olahraga angkat beban juga memiliki manfaat yang cukup penting yakni dapat mengatur hormon tubuh menjadi lebih baik. Berdasarkan sebuah studi tahun 2013 di Journal of Sports Science and Physical Fitness, angkat beban dapat mengatur hormon lebih efisien sehingga membuat tidur lebih nyenyak, lebih percaya diri, dan memberikan kondisi kesehatan yang lebih baik. 

Panduan Melakukan Angkat Beban 

Supaya kamu bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari olahraga angkat beban, ada baiknya kamu perlu mengetahui panduan untuk mengangkat beban yang dikutip dari Mayo Clinic. 

1. Jangan lewatkan pemanasan 

Sebelum kamu memulai olahraga angkat beban, jangan sampai kamu melewatkan sesi pemanasan terlebih dahulu. Otot yang belum melakukan pemanasan sangat rentan untuk terjadi cedera. Kamu bisa melakukan pemanasan paling tidak selama 5 hingga 10 menit dengan melakukan jalan cepat ataupun aktivitas aerobik lainnya. 

2. Mulailah dengan beban yang sesuai kemampuan tubuh 

Bagi kamu yang pertama kali baru melakukan olahraga angkat beban, sebaiknya kamu memilih beban yang sesuai dengan kemampuan tubuh kamu. Kamu juga direkomendasikan untuk mengangkat beban sebanyak 12 hingga 15 kali repetisi. Selanjutnya, kamu bisa menambah beban seiring dengan bertambahnya kekuatan tubuhmu. 

3. Atur pernapasan dengan benar 

Saat mengangkat beban, biasanya kamu secara tak sadar akan menahan napas dan hal ini tidaklah bagus untuk dilakukan. Maka dari itu, buanglah napas saat kamu menangkat beban dan membuang napas saat menurunkan beban. 

4. Jangan abaikan rasa sakit 

Apabila kamu mulai merasakan sakit pada otot, berhentilah dan jangan paksa untuk terus melakukan angkat beban supaya terhindar dari cedera yang lebih parah. Kamu bisa kembali mengangkat setelah kembali pulih atau mengangkat beban yang lebih ringan. 

Itulah beberapa manfaat dari angkat beban untuk wanita yang dapat kamu peroleh. Namun, penting juga agar kamu melakukannya dengan konsisten supaya bisa mendapatkan manfaat yang maksimal untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kamu. 

Supaya aktivitas olahraga kamu menjadi lebih optimal, kamu bisa memilih pakaian olahraga khusus yang tentunya memberikan kenyamanan dan kebebasan dalam bergerak yang maksimal saat mengangkat beban. 

Outfit yang direkomendasikan untuk kamu adalah JUARAGA Jersey Sport Wanita JR Valor yang terbuat dari perpaduan kain interlock sebagai bahan utama dan material mesh yang ringan dan sejuk yang memberikan kamu kenyamanan maksimal saat melakukan olahraga angkat beban.  

Kamu juga bisa memadukannya dengan menggunakan bawahan JUARAGA Celana Legging Wanita JR Swift. Celana legging ini berbahan stretch yang nyaman dan mengikuti bentuk tubuh, serta dapat menyerap keringat dengan baik sehingga sangat cocok digunakan untuk mendukung setiap gerakanmu saat kamu mengangkat beban. 

Tunggu apalagi, segera tambah koleksinya atau pilih beragam outfit lainnya hanya di www.juaraga.id!