Beragam Fakta Menarik Piala Dunia FIFA U-17 Indonesia 2023

Fakta Menarik Piala Dunia U17 2023

Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah akan menjadi tuan rumah turnamen kelompok umur di bawah usia 17 tahun, yaitu Piala Dunia FIFA U-17 2023.  

Turnamen prestisius ini akan berlangsung dari tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023 dan diikuti oleh 24 tim nasional dari 6 konfederasi dari seluruh dunia. 

Kompetisi yang digelar 2 tahun sekali ini, juga menjadi arena bagi para bibit muda sepak bola masa depan untuk unjuk gigi menampilkan performa terbaiknya.  

Meskipun kompetisi ini hanya ditujukan  untuk pemain di bawah usia 17 tahun, ternyata turnamen ini menyimpan sejumlah fakta menarik yang perlu kita ketahui bersama. 

Indonesia Menjadi Negara Asia Tenggara Pertama

Pada edisi ke-19 Piala Dunia FIFA U-17 ini, Indonesia mencatat sejarah sebagai negara pertama dari Asia Tenggara yang berperan sebagai tuan rumah. Di tingkat Asia, Indonesia bergabung dengan lima negara lainnya yang sebelumnya telah menjadi tuan rumah, yaitu China, Jepang, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan India.

Skuad Garuda Muda Tampil Perdana

Kompetisi ini membuka pintu bagi skuad Garuda Muda untuk mengepakkan sayapnya. Sebelumnya, Timnas Indonesia U-17 selalu menghadapi kendala dalam lolos ke turnamen ini karena tidak mampu mencapai semifinal Piala Asia U-17.  

Kini, mereka memiliki kesempatan emas untuk bersaing di panggung internasional dan tentunya bisa menjadi ajang bagi para pemain Indonesia untuk menampilkan performa terbaik mereka agar bisa menarik perhatian para pencari bakat klub-klub besar. 

Tim dengan Juara Terbanyak

Dalam sejarah 18 edisi Piala Dunia FIFA U-17, Timnas Nigeria U-17 memimpin dengan koleksi gelar juara terbanyak, mencatat 5 gelar pada tahun 1985, 1993, 2007, 2013, dan 2015. Di posisi kedua, Brasil mengoleksi 4 gelar juara.  

Sayangnya, Nigeria tidak dapat ambil bagian dalam edisi kali ini karena gagal lolos dari semifinal Piala Afrika U-17 yang menjadi syarat kualifikasi. 

Orbitkan Talenta Sepak Bola Terbaik

Turnamen ini tidak hanya tentang persaingan, tetapi juga menjadi panggung bagi para bakat muda sepak bola. Sejumlah bintang dunia seperti Neymar, Toni Kroos, Cesc Fabregas, Andres Iniesta, Eden Hazard, dan Ronaldinho pernah mengukir jejak mereka di Piala Dunia FIFA U-17.  

Inilah ajang yang menjadi cikal bakal bagi para pemain muda untuk menunjukkan bakat dan mewarnai dunia sepak bola dengan prestasi gemilang. 

Piala Dunia FIFA U-17 2023 di Indonesia tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebuah peristiwa bersejarah yang akan membuka pintu bagi perkembangan sepak bola di tingkat muda di Asia Tenggara.  

Mari sama-sama kita ikut serta untuk sukseskan dan meriahkan event Piala Dunia FIFA U-17 2023 di Indonesia, salah satunya adalah dengan mengoleksi merchandise resmi FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023 dari JUARAGA. Seluruh produk merchandise resmi turnamen ini akan tersedia di https://bit.ly/fu17wc2023! 

merchandise resmi Piala Dunia U17
Back to blog