Supaya tubuh dan mental kita tetap sehat, tentunya kita membutuhkan aktivitas yang namanya olahraga. Dengan berolahraga, kamu dapat merasakan berbagai manfaatnya mulai dari menjaga berat badan, meminimalisir resiko penyakit, memperkuat tulang dan otot hingga menghilangkan stress.

Ada berbagai pilihan olahraga favorit yang disenangi oleh masyarakat Indonesia yang dapat kamu pilih dan tentunya akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Lantas, olahraga apa saja ya? Berikut ini daftar olahraga favorit yang bisa kamu lakukan.

1. Jogging

Berlari merupakan salah satu olahraga favorit yang sangat mudah dan murah untuk dijalankan. Kamu hanya perlu menggunakan sepatu dan berlari mengitari jalanan di sekitar rumah atau lapangan. Supaya lebih bersemangat, kamu bisa melakukannya bersama dengan pasangan atau teman-teman.

Jogging merupakan olahraga favorit masyarakat

Olahraga yang satu ini meskipun sangat sederhana, namun memiliki beberapa manfaat yang sangat bagus untuk tubuh. Manfaat yang bisa kamu peroleh dari olahraga ini diantaranya adalah, meningkatkan kemampuan pernafasan, menjaga kesehatan kardiovaskular, memperkuat otot dan tulang, serta memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik.

2. Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang sangat populer dan mendunia, bahkan setiap kompetisi sepak bola yang diselenggarakan selalu berhasil menarik perhatian masyarkat. Dalam praktiknya, olahraga favorit satu ini berfokus pada penggunaan kaki untuk menggiring, mengoper, dan menendang bola.

sepakbola menjadi olahraga favorit masyarakat

Manfaat yang bisa kamu peroleh dari bermain sepak bola adalah dapat memperkuat otot tubuh terutama kaki menjadi lebih kuat, melatih pernafasan dan kardiovaskular, serta meningkatkan daya tahan stamina. Selain kesehatan fisik, manfaat lain yang bisa diperoleh tentunya adalah kesehatan mental.

Bermain sepak bola juga dapat menghilangkan stres karena kamu bisa memainkannya bersama teman-teman sehingga lebih seru untuk dilakukan. Selain itu, bermain sepak bola juga dapat melatih diri untuk lebih bisa mengontrol emosi, melatih kerja sama antar pemain, dan meningkatkan kepercayaan diri.

3. Basket

Selain sepak bola, olahraga favorit selanjutnya adalah basket. Bedanya, dalam permainan basket ini lebih memfokuskan pada penggunaan tangan untuk menggiring, mengoper dan melakukan lemparan bola ke dalam ring basket.

basket adalah salah satu olahraga favorit

Diketahui olahraga basket ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah dapat meningkatkan kelentukan otot tubuh, melatih kelincahan, dan juga menguatkan tulang. Bahkan bagi kamu yang saat ini sedang dalam masa pertumbuhan, olahraga basket merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah tinggi tubuh.

Sama halnya seperti olahraga sepak bola, olahraga basket juga dapat membantu menjaga kesehatan mental seperti belajar melatih kerja sama, mengendalikan emosi, dan mengasah kepercayaan diri.

4. Bulu Tangkis

Bulu tangkis telah menjadi salah satu olahraga favorit masyarakat Indonesia. Apalagi lewat olahraga ini, Indonesia berhasil menunjukkan prestasi anak bangsa di panggung internasional.

Bulu tangkis adalah olahraga favorit masyarakat

Bulu tangkis bisa dimainkan di sebuah lapangan dan terdapat sebuah net sebagai pembatas antara dua tim yang saling berhadapan. Untuk memainkan bulu tangkis pun tidaklah sulit. Setiap pemain hanya perlu menggunakan sebuah raket dan shuttlecock sebagai bola.

Olahraga ini juga memberikan beberapa manfaat bagi tubuh diantaranya adalah bisa menurunkan berat badan, membentuk massa otot, meningkatkan kardio di jantung dan paru-paru, serta melatih kecerdasan otak dan kelincahan.

5. Bersepeda

Kebanyakan orang pasti setuju kalau bersepeda merupakan salah satu olahraga favorit yang sering dilakukan banyak orang. Tak kenal usia muda ataupun tua, siapapun dapat bersepeda. Bahkan bersepeda juga telah menjadi gaya hidup aktif yang dijalankan kebanyakan orang.

bersepeda merupakan olahraga favorit

Selain itu, bersepeda juga telah menjadi sebuah program transportasi yang dapat dijalankan oleh masyarakat dalam rangka untuk mengurangi polusi udara.

Meskipun bersepeda terlihat mudah, namun bagi kamu yang ingin menjalankan olahraga ini tetap harus memperhatikan aspek keselamatan, seperti menggunakan helm sepeda, pelindung lutut, sepatu, lampu, dan pemantul cahaya di bagian belakang sepeda serta mengikuti aturan-aturan yang berlaku di lalu lintas.

Beragam manfaat bersepeda yang bisa kamu peroleh antara lain, dapat menjaga kesehatan kardiovaskular, menjaga kesehatan otot dan persendian hingga pernafasan. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, bersepeda juga dapat menghilangkan rasa stres sehingga kesehatan mental kamu tetap terjaga.

Itu dia 5 rekomendasi olahraga favorit yang dapat kamu coba agar bisa menjalani gaya hidup sehat. Supaya aktivitas olahraga kamu lebih optimal, kamu bisa menggunakan pakaian yang nyaman, elastis, dan tetap sejuk meskipun saat berkeringat.