Menjaga kesehatan merupakan kewajiban bagi kita supaya tubuh tetap bisa fit dan melakukan berbagai aktivitas setiap harinya. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan supaya tubuh tetap sehat adalah dengan berolahraga.

Supaya aktivitas olahraga kita berjalan dengan maksimal, kita perlu untuk melakukan sesi pemanasan sebelum olahraga, lalu ditutup dengan sesi pendinginan setelah berolahraga.

Pendinginan setelah berolahraga bertujuan untuk memperbaiki pola napas yang cepat akibat gerakan olahraga, meningkatkan asupan oksigen, dan menenangkan otot yang kontraksi. Selain itu juga bermanfaat untuk mengatasi rasa nyeri hingga sakit pada otot setelah berolahraga.

Apabila kamu belum tahu bagaimana cara pendinginan setelah olahraga beserta manfaatnya, yuk simak pembahasannya berikut ini.

Cara Pendinginan Setelah Olahraga

Untuk melakukan gerakan pendinginan setelah olahraga, kamu hanya perlu melakukan beberapa gerakan ringan dan mudah yang mungkin sudah sering kamu lakukan di waktu sebelumnya.

1. Jalan Kaki Santai atau Jogging Ringan

Jika kamu melakukan olahraga yang mengandalkan lebih banyak pergerakan kaki seperti berlari atau bermain sepak bola, kamu bisa melakukan pendinginan dengan cara berjalan kaki santai atau jogging ringan selama kurang lebih tiga sampai lima menit.

Cara ini bertujuan untuk meredakan otot-otot tubuh yang tegang setelah berolahraga supaya tidak “kaget” ketika beristirahat. Kamu juga disarankan untuk melakukannya sambil menarik nafas lebih dalam dan mengatur temponya menjadi lambat supaya tubuh kamu menjadi lebih rileks.

2. Lakukan Peregangan Tubuh Bagian Atas

Seusai kamu melakukan pendinginan langkah pertama, selanjutnya kamu bisa meregangkan tubuh bagian atas sambil berdiri.

1. Kamu bisa memulainya dengan melakukan peregangan pada tangan dengan merekatkan kedua tangan dan mengarahkannya ke atas.

2. Setelah itu, kamu bisa melanjutkannya dengan mengarahkan kedua tangan yang merekat tadi ke arah belakang dan kedepan. Sembari, mengarahkan kedua tangan ke depan dan ke belakang, kamu juga bisa menggerakkan leher ke kanan dan ke kiri.

Gerakan ini bemanfaat untuk mempertahankan bentuk tubuh kamu supaya tetap lurus dan juga memberikan efek relaksasi terhadap rongga dada serta leher.

3. Berdiri Sambil Bungkuk ke Depan

Masih sambil berdiri, kamu bisa membungkukkan badan ke depan sambil berusaha untuk menyentuh lantai dengan tangan. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik, kemudian kembalikan posisi tubuh kamu seperti semula.

4. Duduk Bungkuk ke Depan

Kamu dapat memposisikan tubuh menjadi duduk dengan posisi kaki lurus ke depan. Lalu kamu bisa membungkukkan badan dengan menyentuh telapak kaki dengan kedua tangan kamu. Gerakan ini dapat kamu lakukan selama satu menit.

5. Menggoyangkan Anggota Tubuh

Supaya otot tubuh kamu menjadi lebih rileks, kamu bisa menggoyangkan anggota tubuh kamu secara perlahan seperti menggoyangkan leher, pergelangan tangan dan lengan.

Selanjutnya, kamu bisa menggoyangkan torso dan pinggul, kemudian dilanjutkan pada bagian kaki. Kamu bisa melakukan gerakan ini selama kurang lebih 30 detik.

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga Bagi Tubuh

Banyak sekali orang yang melewatkan sesi pendinginan ketika selesai berolahraga. Padahal sesi pendinginan setelah berolahraga memiliki manfaat yang sama baiknya seperti sesi pemanasan sebelum berolahraga. Lalu, apa saja manfaat pendinginan setelah olahraga?

1. Meminimalisir Cedera dan Kram

Bukan hanya pemanasan, pendinginan setelah berolahraga juga sangat berfungsi untuk meminimalisir resiko tubuh dari cedera seperti robekan pada otot dan kram pada otot yang bisa mengganggu aktivitas-aktivitas selanjutnya.

Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk selalu melakukan pendinginan ketika sudah menyelesaikan aktivitas olahraga inti.

2. Menormalkan Detak Jantung

Saat kamu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, tentunya detak jantung kamu juga menjadi lebih cepat untuk memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh supaya tetap bergerak.

Ketika kamu ingin mengakhiri sesi olahraga, ada baiknya kamu melakukan pendinginan untuk menurunkan detak jantung yang cepat secara perlahan.

Dengan begitu, kamu juga bisa terhindar dari rasa pusing dan lemas seketika setelah selesai berolahraga.

3. Mengontrol Pernafasan

Pada saat kamu berolahraga, laju nafas kamu tentunya akan lebih cepat untuk menyuplai kebutuhan tubuh akan oksigen karena otot-otot yang sedang bekerja keras saat berolahraga.

Oleh karena itu, untuk menurunkan laju nafas kamu yang cepat secara perlahan diperlukan sesi pendinginan supaya laju nafas kamu kembali normal.

Rekomendasi untuk Kamu

Setelah kamu mengetahui manfaat dan cara untuk melakukan pendinginan, sangat disarankan bagi kamu untuk selalu konsisten melakukannya setelah selesai melakukan aktivitas olahraga inti. Hal ini tentu akan membuat aktivitas olahraga kamu menjadi lebih optimal.