Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar resmi berakhir pada 18 Desember 2022 yang lalu setelah Argentina berhasil menekuk juara bertahan Prancis di partai puncak kompetisi paling bergengsi sejagat raya itu.  

Meskipun telah berakhir, namun ajang Piala Dunia 2022 di Qatar ini telah menyisakan sejumlah hal unik yang berbeda dari edisi-edisi sebelumnya. Seperti apa saja hal uniknya? Yuk, simak pembahasannya berikut ini. 

1. Piala Dunia Termahal 

Qatar sebagai negara pertama dari timur tengah yang menyelenggarakan Piala Dunia, tentu berupaya maksimal supaya penyelenggaraan kompetisi sepak bola dunia ini bisa sukses.  

Terkenal sebagai negara kaya, Qatar rela merogoh kocek yang sangat dalam hingga menjadikan ajang Piala Dunia tahun 2022 sebagai kompetisi paling mahal dalam sejarah. 

Qatar telah menghabiskan dana hingga US$220 miliar atau setara dengan Rp3.344 triliun. Jumlah yang dikeluarkan oleh Qatar ini berbanding jauh dengan Piala Dunia 2018 Rusia yang “hanya” menghabiskan US$11,6 miliar serta Piala Dunia 2014 Brazil yang menghabiskan US$15 miliar. 

2. Stadion yang Menyediakan Pendingin Udara 

Seperti kebanyakan negara Timur Tengah lainnya, Qatar juga terkenal dengan udara panasnya. Sebagai upaya untuk meminimalisir udara panas yang menyengat, seluruh stadion yang digunakan untuk kompetisi pun telah dilengkapi pendingin udara raksasa yang dapat membuat suhu udara di dalam stadion menjadi 20 derajat.  

Selain itu, pendingin udara yang dipasang juga diklaim dapat membuat udara di stadion menjadi lebih bersih. 

3. Menggunakan Berbagai Teknologi Canggih 

Seperti pada edisi Piala Dunia sebelumnya, FIFA sebagai induk organisasi sepak bola dunia selalu mengaplikasikan setiap teknologi baru yang berkembang untuk memudahkan jalannya pertandingan. 

Khusus untuk ajang Piala Dunia tahun ini, FIFA menggunakan teknologi canggih seperti ribuan kamera pendeteksi wajah yang terpasang di stadion, connected ball technology yang disematkan pada bola untuk melacak sentuhan setiap pemain, dan pelacak offside semi otomatis.  

4. Metro Guy yang Viral 

Terdapat salah satu momen unik yang terjadi saat penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar yaitu aksi seorang Metro Guy asal Kenya. Berkat aksinya yang unik, Metro Guy tersebut menjadi viral di media sosial.  

Metro Guy merupakan seorang petugas yang bertanggung jawab untuk menunjukkan arah ke stasiun metro terdekat kepada para pengunjung stadion yang lewat. 

Pria yang menjadi Metro Guy tersebut, duduk di kursi tinggi sambil mengarahkan para pengunjung stadion yang lewat ke arah stasiun metro dengan menggunakan megafon dan sarung tangan besar. 

Hal yang membuat para pengunjung stadion tertawa adalah aksinya ketika mengucapkan “Metro, metro, metro…”. Para pengunjung stadion yang terhibur pun merekam aksinya tersebut dan membagikannya di sosial media hingga menjadi viral.  

5. Argentina Juara, Messi Sejajar dengan Maradona 

La Albiceleste berhasil meraih bintang ketiganya dalam partai puncak Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis dalam pertarungan sengit yang digadang-gadang sebagai pertandingan final Piala Dunia terbaik sepanjang masa, yang diakhiri dengan drama adu penalti.  

Gelar juara dunia ini juga telah melengkapi pencapaian yang belum pernah diraih oleh sang mega bintang, Lionel Messi setelah mengikuti 5 edisi Piala Dunia sejak debutnya di timnas Argentina pada tahun 2006. 

Pencapaian ini juga menjadikan Messi sebagai legenda sepak bola dunia sejajar dengan kompatriotnya terdahulu, Diego Maradona berkat deretan gelarnya di tingkat individu, klub, dan internasional. 

Itu dia 5 hal unik yang telah tersaji di pagelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Apakah ada lagi hal unik Piala Dunia yang kamu tahu?