5 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Contoh gerakan olahraga di rumah

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dibutuhkan oleh manusia supaya tubuh tetap bugar dan sehat. Untuk melakukannya pun kamu bisa di mana saja, seperti olahraga indoor ataupun olahraga outdoor. Hanya saja untuk kamu yang tidak memiliki waktu yang banyak, tentu berolahraga di rumah menjadi pilihan  yang tepat. 

Olahraga di rumah pun kamu tidak harus memiliki alat-alat olahraga layaknya di tempat gym, kamu tetap bisa melakukan beberapa gerakan olahraga sederhana namun efektif untuk membantu tubuh kamu tetap bugar dan sehat. Berikut ini 5 gerakan olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan. 

1. Sit Up 

Gerakan olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan adalah sit upCara melakukan sit up yang benar, kamu cukup memposisikan tubuh kamu berbaring telentang dengan kaki yang menekuk. Pada posisi ini kamu bisa mengaitkan punggung kaki atau meminta bantuan dengan partner kamu untuk menahan punggung kaki kamu. 

Gerakan sit up untuk melatih otot

Langkah selanjutnya, kamu bisa memegang leher bagian belakang dengan kedua telapak tangan dan kamu bisa memulainya dengan mengangkat tubuh kamu kedepan dan menurunkannya kembali seperti posisi di awal. Kamu bisa melakukan sit up dilakukan selama 1 menit sebanyak 10-20 kali. 

Gerakan sit up dapat melatih kekuatan otot, membentuk otot perut, membakar kalori, dan memperlancar peredaran darah. 

2. Plank 

Plank merupakan salah satu gerakan olahraga sangat sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah. Gerakan plank yang benar, kamu cukup mengambil posisi seperti push up dengan kedua tangan membentuk sudut siku-siku dan diam untuk menahan berat tubuh kamu. 

Gerakan plank

Gerakan plank dapat melatih otot, memperbaiki postur tubuh dan mengurangi gumpalan lemak di perut. Durasi terbaik untuk melakukan plank ini bisa kamu melakukannya dalam waktu 10 detik hingga 2 menit dalam 1 set, dan kamu bisa melakukannya sebanyak 3 set dalam sehari. 

Namun bagi kamu yang masih pemula, kamu cukup melakukan plank selama 10 hingga 15 detik. Namun, jika durasi sudah dirasa kurang maka kamu bisa menambahkan durasinya menjadi lebih lama. 

3. Push Up 

Siapa yang tak kenal dengan gerakan satu ini? Gerakan push up merupakan salah satu gerakan favorit yang seringkali dilakukan oleh kebanyakan orang. Untuk melakukan push up yang benar sangatlah mudah, pada posisi tengkurap kamu cukup meletakkan kedua tangan di lantai dengan posisi lengan melebar dan kaki lurus. 

Gerakan push up untuk melatih otot

Setelah itu, kamu bisa menggerakkan kedua tangan kamu untuk mengangkat dan menurunkan beban tubuh kamu sebanyak 10 kali repetisi dalam 1 set. Untuk olahraga ini, kamu dianjurkan untuk melakukannya sebanyak 3 set. 

Saat melakukan push up kamu juga tetap harus berhati-hati, jika tidak maka kamu bisa terkena cedera. Bagi kamu yang belum terbiasa melakukan push up, kamu bisa melakukannya dengan cara half push up. Kamu cukup menekuk  kedua kaki dan menjadikan lutut sebagai tumpuan saat melakukan push up. 

Manfaat dari push up adalah dapat melatih otot, membakar lemak, memperbaiki postur tubuh, dan menyehatkan jantung.

4. Squat 

Gerakan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah squat. Kamu bisa memulainya dengan mengambil posisi berdiri tegap dan kedua kaki yang terbuka. Setelah itu kamu bisa menurunkan tubuh kamu seperti posisi duduk dengan menekuk lutut hingga 90 derajat. 

gerakan squat jump

Pada saat posisi seperti duduk, upayakan torso atau batang tubuh kamu tetap tegak lurus dengan kedua tangan lurus ke depan. Kamu bisa melakukan gerakan squat sebanyak 8 hingga 10 kali repetisi dalam setiap set dan mengulanginya sebanyak 2-3 set sesuai dengan kemampuan kamu. 

Dari gerakan squat ini, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan diantaranya adalah membakar kalori tubuh, menjaga kesehatan sendi, dan meningkatkan fleksibilitas otot tubuh terutama pada bagian pinggang dan lutut. 

5. Jumping Jacks 

Jika kamu menginginkan gerakan yang lebih mudah, jumping jacks bisa menjadi gerakan yang bisa kamu pilih. Pada gerakan ini, kamu bisa memulainya dengan berdiri, lalu meloncat sambil melebarkan kaki dan merapatkannya kembali dibarengi dengan kedua tangan mengayun dari bawah ke atas dan menepuk di atas kepala. 

gerakan jumping jack untuk membakar kalori

Manfaat jumping jack yang bisa kamu peroleh antara lain, menurunkan tekanan darah,  meningkatkan metabolisme tubuh, memperkuat otot panggul, dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Dengan 5 gerakan olahraga tersebut, kini kamu tinggal memilih salah satu gerakan mana yang cocok untuk kamu lakukan di rumah dan tak perlu khawatir lagi karena tidak bisa berolahraga. Hal yang paling penting adalah kamu bisa melakukannya dengan niat yang kuat dan konsisten supaya kesehatan dan kebugaran tubuh kamu tetap terjaga.  

Supaya aktivitas olahraga kamu menjadi lebih optimal, kamu bisa memilih pakaian olahraga khusus yang tentunya memberikan kenyamanan dan kebebasan dalam bergerak yang maksimal.  

JUARAGA menghadirkan Active JR Force Jersey Black & Active Women JR Force Jersey yang sporty dan stylish dimana jersey ini menggunakan teknologi terkini yang membuatmu semakin nyaman dan tetap sejuk saat berolahraga. 

Kamu juga bisa memadukannya dengan menggunakan bawahan Active JR Force Training Pants Black untuk pria & Active Women JR Force Training Pants Black untuk wanita.

Jika kamu lebih suka menggunakan celana pendek, tersedia juga Active JR Force Short Pants Black untuk pria & Active Women JR Short Pants Black untuk wanita agar penampilanmu semakin matching.  

Back to blog