5 Fakta Menarik Warnai Keberhasilan Timnas Indonesia ke Piala Asia U-23 2023!

Fakta menarik Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia U-23

Timnas Indonesia U-23 dipastikan lolos setelah mengamankan tiket untuk melanjutkan petualangannya ke putaran final Piala Asia U-23 2023 di Qatar setelah mengakhiri petandingan melawan Turkmenistan dengan skor 2-0 (12/9/2023).

Pasukan Shin Tae Yong berhasil menjalani 2 pertandingan tanpa kekalahan kala meladeni skuad China Taipei dan Turkmenistan di Stadion Manahan, Solo. 

Selain itu, terdapat beberapa fakta menarik yang turut mewarnai euforia dari lolosnya pasukan Garuda Muda ini ke ajang paling bergengsi se-Asia tersebut. Berikut ini fakta menariknya: 

1. Pertama Kalinya dalam Sejarah

Indonesia berhasil mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya lolos ke putaran final Piala Asia U-23. Sebelumnya, Garuda Muda selalu gagal untuk lolos ke ajang bergengsi yang telah bergulir sejak tahun 2013 tersebut.

2. Menjadi Juara Grup Tanpa Kemasukan Gol

Pasukan Garuda Muda sukses bertengger sebagai pemimpin grup sejak awal pertandingan dengan perolehan 6 poin dari 2 pertandingan tanpa kemasukan gol setelah berhasil melibas China Taipei dengan skor 9-0 dan menang telak 2-0 atas Turkmenistan.

3. Masuk 5 Besar sebagai Tim Pencetak Gol Terbanyak

Meskipun Indonesia berhasil melesakkan 9 gol kala menjamu China Taipei dan 2 gol saat melawan Turkmenistan, nyatanya Garuda Muda bukanlah tim yang memiliki perolehan gol terbanyak di ajang kualifikasi Piala Asia U-23.  

Ada Irak yang memimpin daftar perolehan gol terbanyak dengan melesakkan 21 gol, diikuti oleh Uzbekistan dengan 19 gol, Yordania dengan 12 gol, Arab Saudi dengan 12 gol, dan Indonesia dengan 10 gol. 

4. Pencetak Gol Terbanyak di Timnas Indonesia U-23

Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan menjadi pencetak gol terbanyak sementara Timnas Indonesia U-23 dengan masing-masing mengoleksi 2 gol.

Kedua gol yang dicetak Pratama Arhan didapatkan saat berhasil mencetak 1 gol ketika melawan China Taipei dan Turkmenistan, sedangkan dua gol Marselino didapat setelah mencetak brace kala melumat China Taipei dengan 9 gol tanpa balas.

5. Gol Kedua Pratama Arhan Pupuskan Harapan Turkmenistan

Gol injury time dari Pratama Arhan membuat Timnas Turkmenistan U-23 gagal lolos ke Piala Asia U-23 karena tidak masuk dalam zona 4 tim runner-up terbaik setelah kalah selisih gol dari Malaysia dan Iran yang masing-masing menempati urutan keempat dan kelima runner-up terbaik.

Itulah 5 fakta menarik dari lolosnya Timnas Indonesia U-23 ke putaran final Piala Asia U-23. Mari kita dukung terus supaya skuad Garuda Muda mampu terbang lebih tinggi di turnamen bergengsi ini demi mengharumkan nama Indonesia di kancah sepak bola Internasional. 

Back to blog