10 Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

makanan sebelum olahraga

Lari merupakan salah satu olahraga yang menyehatkan. Namun, sebelum melakukannya kamu juga perlu untuk melakukan persiapan yang baik, terutama dari segi asupan. Salah satu kunci yang amat penting supaya kamu dapat mencapai performa maksimal saat berolahraga adalah dengan memilih menu makanan yang tepat.  

Makan sebelum berolahraga sangat penting karena tubuh membutuhkan energi yang cukup. Namun, tidak hanya asal makan saja, akan tetapi kamu juga perlu untuk memilih makanan yang tepat supaya aktivitas olahraga kamu lebih optimal. 

Nah, melalui artikel ini akan membahas aneka makanan yang direkomendasikan untuk kamu konsumsi sebelum berolahraga. 

Alasan Pentingnya Makan Sebelum Berolahraga 

Berikut ini beberapa alasan pentingnya makan sebelum berolahraga yang harus kamu ketahui.

1. Sebagai Penyedia Energi

Saat berolahraga pastinya tubuh akan membutuhkan banyak energi untuk mempertahankan stamina, apalagi jika kamu berencana akan berolahraga dengan durasi yang cukup lama. Maka dari itu kamu butuh mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.  

Seperti yang diketahui, karbohidrat akan berubah menjadi glikogen saat dicerna oleh tubuh. Selanjutnya, glikogen ini akan dipecah menjadi glukosa untuk dilepaskan ke aliran darah ketika kamu berolahraga dan bermanfaat sebagai energi untuk tubuh. 

2. Terhindar dari Kram

Saat berolahraga pastinya kamu tak ingin mengalami kram bukan? Kram otot yang timbul saat berolahraga ini  disebabkan oleh otot yang kekurangan asupan elektrolit dan kalium. Maka dari itu, sebelum kamu berolahraga sangat dianjurkan untuk makan terlebih dahulu terutama yang mengandung kalium seperti pisang, yang dapat membantu mencegah terjadinya kram otot saat berolahraga. 

3. Menjaga Performa

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sebelum berolahraga akan membantu menjaga kadar gula di dalam darah tetap stabil. Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks akan membantu mencegah penurunan kadar gula dalam darah yang dapat mengakibatkan tubuh mengalami kelelahan dan penurunan performa. 

4. Pemulihan Otot

Ketika kamu berolahraga, tidak dipungkiri akan ada kemungkinan beberapa bagian otot kamu terutama mengalami kerusakan ringan. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein akan membantu tubuh kamu memulihkan dan memperbaiki otot yang mengalami kerusakan. 

Tips Makan Sebelum Berolahraga 

  1. Pilihlah makanan yang mengandung tinggi karbohidrat dan mudah dicerna supaya terhindar dari rasa mual atau bahkan muntah saat berolahraga.
  2. Hindari makanan yang mengandung terlalu banyak minyak dan pedas. Apabila mengonsumsi makanan seperti ini, akan mengganggu pencernaan kamu saat berolahraga
  3. Sebaiknya berikan jeda sekitar 30 menit sebelum mulai berolahraga. Hal ini penting supaya tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan terlebih dahulu sebelum berolahraga. 

Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Berolahraga 

Berikut ini daftar rekomendasi 5 makanan sebelum olahraga yang bisa kamu konsumsi.

1. Pisang 

makan pisang sebelum olahraga

Pisang adalah salah satu buah yang mudah dicerna dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berolahraga. Buah yang satu ini mengandung karbohidrat yang mudah diserap tubuh dan kalium yang sangat penting untuk membantu mencegah terjadinya kram otot.  

2. Oatmeal 

Manfaat oatmeal

Oatmeal merupakan makanan terbuat dari gandum yang mengandung karbohidrat kompleks yang sangat baik sebagai sumber energi. Kandungan karbohidrat kompleks dapat memberikan energi yang bertahap dan membantu menjaga stamina selama olahraga.  

3. Dada Ayam

makan dada ayam setiap hari

Dada ayam merupakan salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Makanan satu ini mengandung tinggi protein yang sangat dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki otot, serta menjadi sumber energi selama berolahraga. 

Selain itu, dada ayam juga mengandung rendah lemak sehingga membuatnya mudah dicerna oleh tubuh dan tidak membuat perut terasa penuh saat berolahraga. 

4. Roti Gandum dengan Selai Kacang

Makan roti gandum sebelum olahraga

Roti Gandum adalah sumber karbohidrat yang baik, sementara selai kacang memberikan tambahan protein dan lemak sehat. Kombinasi ini memberikan energi yang tahan lama dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil selama berolahraga.  

Pastikan juga untuk memilih selai kacang tanpa tambahan gula yang berlebihan supaya mendapatkan manfaat nutrisi maksimal. 

5. Telur Rebus

makan telur rebus sebelum olahraga

Telur rebus adalah sumber protein yang sangat baik, dan memasukkannya dalam menu sebelum lari dapat membantu membangun dan memperbaiki otot. Kamu hanya perlu memakan bagian putih telurnya saja. Kandungan yang kaya akan protein pada putih telur akan membuatmu tetap kenyang dan berenergi saat berolahraga. 

6. Ubi jalar

Makanan jenis umbi-umbian satu ini bisa menjadi pilihan asupan untuk kamu konsumsi sebelum berolahraga.  

Pasalnya, ubi jalar memiliki kandungan kaya akan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi bagi tubuh dalam waktu yang lama. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada ubi jalar juga membantu menjaga kadar gula darah pada tubuh, sehingga bisa meminimalisir penurunan energi saat berolahraga. 

7. Singkong

Jenis umbi-umbian lainnya yang bisa kamu konsumsi sebelum berolahraga adalah singkong. Sudah menjadi rahasia umum, jika makanan satu ini memiliki kandungan kaya akan karbohidrat yang dapat memberikan banyak energi bagi tubuh. 

Maka dari itu, mengonsumsi singkong sebelum berolahraga tentunya sangat cocok untuk kamu lakukan. Namun, sangat disarankan kamu mengonsumsi singkong dalam kondisi direbus, bukan digoreng. 

8. Yoghurt

yoghurt sebagai makanan sebelum olahraga

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, ternyata yoghurt juga bisa menjadi makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Jenis yoghurt yang bisa kamu konsumsi adalah yoghurt Yunani. 

Yoghurt yunani diketahui memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Protein yang tinggi ini bisa menjadi sumber bahan bakar bagi otot ketika berolahraga.  

Selain itu, yoghurt Yunani juga sangat mudah dan cepat dicerna oleh tubuh. Kamu dapat mengonsumsi makanan ini paling tidak satu jam sebelum berolahraga dan disarankan juga kamu menambahkan topping seperti madu dan buah segar.  

9. Bubur Kacang Hijau

Siapa yang tak kenal dengan bubur kacang? Makanan tradisional yang familiar dan biasa dikonsumsi untuk sarapan ini ternyata juga bisa menjadi sumber energi yang baik untuk berolahraga. 

Kacang hijau diketahui memiliki kandungan kaya akan protein, serat, dan karbohidrat yang sangat cocok untuk menjadi asupan tubuh sebelum berolahraga. Selain itu, rasa manis dari campuran gula merah pada bubur kacang hijau juga bisa menjadi energi instan untuk kamu berolahraga. 

10. Protein Bar

Protein bar merupakan makanan praktis yang bisa menjadi pilihan untuk kamu konsumsi sebelum berolahraga. Makanan ini tampil dalam bentuk batangan dengan ukuran yang kecil, sehingga dapat dikonsumsi dalam waktu yang singkat. 

Disarankan kamu memilih protein bar dengan kandungan proteinnya sebanyak 5-9 gram, supaya dapat memberikan energi yang optimal untuk tubuh saat berolahraga. 

Nah, itu dia rekomendasi aneka makanan yang baik untuk kamu konsumsi sebelum berolahraga. Selain itu, pastikan juga kamu cukup mengonsumsi air sebelum olahraga  untuk mencegah dehidrasi.  

Selain makanan, saat berolahraga kamu juga perlu didukung dengan outfit yang nyaman agar kamu bebas bergerak dan menikmati setiap gerakan. JUARAGA sebagai active lifestyle brand telah menyediakan beragam outfit yang didesain khusus saat berolahraga. 

Salah satu outfit yang direkomendasikan untuk kamu kenakan saat berolahraga adalah JUARAGA Jersey Casual JR Grind yang tersedia untuk pria dan wanita. 

Dengan menggunakan material kain hexagonal premium dengan teknologi terkini, jersey ini nyaman dan sejuk saat dikenakan serta mampu menyerap keringat lebih cepat. 

Untuk bagian bawahan kamu bisa menggunakan JUARAGA Celana Pendek JR Rush yang ringan dan memiliki desain yang stylish. 

Sementara untuk kamu para ladies, bisa memilih bawahan JUARAGA Celana Legging Wanita JR Trail yang elastis dan memiliki desain elegan. 

So, tunggu apalagi segera koleksi outfit-nya sekarang juga hanya di www.juaraga.id! 

Back to blog