Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, tentu kita harus menjalankan pola hidup sehat. Aktivitas pola hidup sehat yang bisa kita jalankan diantaranya adalah mengonsumsi asupan yang sehat, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur. Khusus untuk olahraga, ada banyak sekali olahraga yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah olahraga kardio.

Apa itu Olahraga Kardio?

Olahraga kardio adalah aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kinerja jantung dalam memompa darah ke paru-paru, sehingga aliran darah dan oksigen dapat terdistribusi merata ke seluruh tubuh, serta mengoptimalkan pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh.

Manfaat Olahraga Kardio

Ada banyak manfaat olahraga kardio yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini manfaat olahraga kardio seperti yang dikutip dari naturemade.com:

1. Meningkatkan mood & energi.

2. Meningkatkan sistem imun.

3. Membantu menjaga berat badan ideal.

4. Menjaga kesehatan jantung.

5. Membantu meningkatkan kualitas tidur.

Untuk menjalankan olahraga kardio, kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja.

Jenis-jenis Olahraga Kardio

Berikut ini 5 jenis olahraga kardio yang bermanfaat untuk kesehatanmu.

1. Jogging atau Berlari

Olahraga kardio saat ini merupakan salah satu olahraga yang paling sederhana untuk dilakukan. Kamu bisa memulainya dengan jogging atau berlari menyusuri jalanan di sekitar rumah, taman, atau arena jogging track.

macam olahraga kardio

Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari jogging atau berlari adalah dapat meningkatkan fungsi jantung, melancarkan aliran darah, dan menguatkan otot kaki.

2. Lompat Tali

Jika kamu hanya melakukan olahraga kardio di rumah, kamu bisa mencoba olahraga lompat tali. Dengan olahraga ini kamu hanya membutuhkan alat seperti tali dan sepatu. Selain bermanfaat untuk menyehatkan jantung, olahraga lompat tali juga dapat melatih fokus dan daya tahan tubuh kamu.

jenis olahraga kardiovaskular

Untuk kamu yang baru mau mencoba olahraga yang satu ini, kamu bisa melakukannya secara bertahap mulai dari intensitas ringan dengan durasi 3 sampai 5 menit. Selanjutnya bila kamu sudah merasa kurang, kamu bisa menambah durasi sesuai dengan kemampuan tubuh kamu.

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan dan menjadi favorit bagi kebanyakan orang. Selain menyenangkan, olahraga yang satu ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan diantaranya adalah untuk kesehatan jantung dan meningkatkan kekuatan otot tubuh.

melakukan olahraga kardio dengan bersepeda

Dengan bersepeda, kamu juga bisa melakukan olahraga sambil jalan-jalan dengan menjelajah ke berbagai tempat, melihat pemandangan alam, dan menghirup udara segar yang dapat membuat fisik dan mental kamu menjadi lebih fresh.

4. Berenang

Selain menyenangkan, berenang juga merupakan salah satu olahraga kardio yang sangat bermanfaat. Dengan berenang, kamu bisa melibatkan seluruh anggota badan kamu untuk bergerak yang dapat menguatkan otot tubuh kamu, melatih sistem pernapasan, dan meningkatkan kinerja jantung kamu.

berenang merupakan olahraga kardio

Supaya olahraga berenang kamu optimal, kamu bisa melakukan beberapa gaya renang yang kamu sukai, misalnya seperti gaya punggung, gaya katak, gaya kupu-kupu dan lainnya.

5. Naik Turun Tangga

Jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga karena sibuk beraktivitas, kamu bisa mencoba aktivitas naik turun tangga. Kamu bisa memanfaatkan tangga yang ada di rumah, kantor, kampus, atau sekolah untuk dijadikan olahraga kardio kamu.

Naik turun tangga untuk melakukan olahraga kardio

Naik turun tangga bermanfaat untuk melatih otot tubuh kamu, menyehatkan jantung, dan membakar kalori. Supaya aktivitas naik tangga kamu optimal, kamu bisa melakukannya dengan tempo cepat.

Itu dia 5 rekomendasi olahraga kardio yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kamu. Agar lebih optimal, lakukanlah olahraga kardio tersebut dengan rutin dan konsisten ya!